Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa

Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa
Menjadi dewasa tak selamanya seindah bayangan masa kecil, tapi tetap menawarkan dunia penuh warna. Foto/Robo Wunderkind, Unsplash
JAKARTA - Apakah saat masa kecil dulu kamu selalu ingin cepat dewasa agar bisa punya uang dan membeli semua barang yang kamu suka?

Di satu sisi, orang dewasa umumnya memang sudah punya pekerjaan dan bisa mendapatkan uang dari hasil kerjanya. Namun apakah itu artinya dia bisa membeli semua yang diinginkannya saat kecil dulu? Itu persoalan lain.

Selain itu, saat makin dewasa, kita cenderung akan kehilangan banyak momen yang dulunya kita anggap tak penting, tapi ternyata belakangan baru kita sadari bahwa itu adalah hal yang sangat berharga. Nah, berikut hal-hal yang akan kita temui saat kita beranjak dewasa.

1. MENJADI DEWASA SAMA DENGAN BANYAK YANG HARUS DIPIKIRKAN

Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa

Foto: Tim Gouw/Pexels

Saat beranjak dewasa, banyak sekali kegiatan yang harus kita lakukan dan pikirkan. Tak bisa lagi hanya sekadar asyik bermain ponsel dan berkomentar di media sosial. Ada banyak tugas kuliah yang harus dikerjakan atau pekerjaan kantor yang harus memenuhi target. Tekanan di kantor, baik dari pekerjaan, atasan, maupun rekan kerja, akan menghiasi hidup kamu.

Belum lagi tanggung jawab di dalam keluarga, terutama buat kamu yang anak sulung atau yang menjadi tulang punggung keluarga, pasti akan merasakan beban yang lebih berat dibanding adik atau saudara kandung lainnya. Dari masalah materi hingga urusan-urusan keluarga lainnya, akan menyita waktumu.

Jangan dilupakan juga urusan asmara. Dengan tekanan sosial yang besar dalam masyarakat kita, sebagian orang akan khawatir jika tidak kunjung menemukan pasangan atau menikah dalam umur yang 'normal' dalam pandangan masyarakat umum.

2. KALAU PUNYA UANG BUKAN LAGI UNTUK BERSENANG-SENANG


Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa

Foto: RODNAE Production/Pexels

Uang yang kamu punya dalam sebulan tak bisa lagi dipakai untuk sekadar meladeni nafsu belanja kamu. Ada banyak hal penting lainnya yang perlu kamu prioritaskan. Entah itu membayar cicilan, menyiapkan tabungan masa depan, dan lainnya.

Baca Juga: 10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Tahun 2025, Kamu Punya Enggak?

3. BISA TIDUR SIANG ADALAH SEBUAH KEISTIMEWAAN

Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa

Foto: Pixabay

Siapa yang saat kecil dulu susah banget disuruh tidur siang? Nah, sekarang mungkin kita merasakan betapa kita sangat merindukan bisa tidur siang. Aktivitas harian yang melelahkan, menguras fisik dan pikiran, membuat bisa mencuri waktu untuk tidur siang adalah sebuah keistimewaan yang tak kita kira sangat berarti saat dewasa.

4. DITUNTUT LEBIH BIJAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN

Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa

Foto: Liza Summer/Pexels

Saat beranjak dewasa, kita pun dituntut untuk berpikir lebih matang. Berbagai pengalaman kehidupan membuat kita 'dipaksa' harus bisa mawas diri dan peka terhadap keputusan yang akan diambil.

Baca Juga: Ini Sebenarnya Jumlah Teman yang Kamu Butuhkan Menurut Para Ahli

5. TEMAN KITA BISA JADI AKAN JAUH BERKURANG

Ini Kondisi Kehidupan Sebenarnya Saat Kamu Beranjak Dewasa

Foto:Ba Phi/Pexels

Ada anggapan bahwa semakin kita dewasa, maka akan semakin sedikit teman yang akan tetap bersama kita. Memang, saat dewasa, kita sebenarnya hanya butuh sedikit teman. Yang dibutuhkan adalah teman sejati, yaitu yang bisa dijadikan tempat untuk bercerita, yang mau mendengarkan, dan memahami, serta memberi dukungan saat kita berada dalam kondisi mental yang tidak bagus. Jadi, kita tak lagi butuh teman untuk sekadar 'ha-ha-hi-hi' atau yang hobinya melakukan drama setiap hari.

Indah Sholihati
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @indaaash


(ita)
Share: