Ini Pentingnya Kamu Kuasai Bahasa Tubuh Menurut Hasil Penelitian

Ini Pentingnya Kamu Kuasai Bahasa Tubuh Menurut Hasil Penelitian
Bahasa tubuh seringkali bisa bermakna dan bicara lebih banyak ketimbang kata-kata. Foto/Tinaflour, Unsplash
JAKARTA - Apakah kamu ingin menjadi orang yang paling menonjol saat bersama banyak orang? Atau apakah kamu ingin bisa langsung membangun kedekatan dengan seseorang tanpa harus mengucapkan banyak kata?

Pertanyaan-pertanyaan inilah yang dapat menjawab alasan mengapa bahasa tubuh atau body language penting diketahui. Bahasa tubuh adalah jenis komunikasi nonverbal saat perilaku fisik, sebagai lawan kata-kata, digunakan untuk mengekspresikan atau menyampaikan informasi.

Perilaku tersebut meliputi ekspresi wajah, postur tubuh, gerak tubuh, gerakan mata, sentuhan dan penggunaan ruang.

Membaca tanda-tanda yang ada pada perilaku-perilaku ini adalah bagian penting dari komunikasi karena bahasa tubuh bisa membantu kamu menafsirkan suasana hati dan emosi orang lain.

Ini Pentingnya Kamu Kuasai Bahasa Tubuh Menurut Hasil Penelitian

Foto: Zulmaury/Unsplash

Kamu bisa memahami dan menguraikan apa yang dikatakan orang tersebut tanpa mendengar sepatah kata apa pun dari mereka.

Bahasa tubuh penting untuk diketahui karena menurut hasil penelitian, komunikasi secara nonverbal lebih penting dibanding verbal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa dalam proses komunikasi, ekspresi nonverbal punya pengaruh 65% hingga 93% lebih besar daripada teks yang sebenarnya.

Baca Juga: 10 Cara Jitu Supaya Kamu Disukai Banyak Orang!

Ini diambil dari Model Komunikasi Mehrabian, yang berarti bahwa bahasa tubuh lebih penting daripada nada suara dan pilihan kata ketika mengomunikasikan perasaan yang sebenarnya. Ini berarti bahwa "bagaimana mengatakan" lebih penting daripada "apa yang harus dikatakan".

Namun, ini memang tidak berlaku untuk semua kasus. Mehrabian menjelaskan bahwa studinya hanya membahas komunikasi yang melibatkan perasaan dan sikap. Pada kasus lain, bahkan komunikasi 100% nonverbal juga bisa untuk menyampaikan pesan.

Ini Pentingnya Kamu Kuasai Bahasa Tubuh Menurut Hasil Penelitian

Foto: Headwayio/Unsplash

Contohnya saja pada karakter-karakter bisu seperti Charles Chaplin, Silent Bob, Teller dari Penn & Teller, Wall-E, dan Courage the Cowardly Dog dapat menggambarkan seluruh spektrum emosi manusia meski tak mengucapkan kata-kata.

Saat Bahasa Tubuh Sangat Diperhatikan

Ada momen-momen saat bahasa tubuh sangat diperhatikan oleh seseorang. Momen-momen tersebut antara lain saat seseorang mencoba melarikan diri dari sesuatu, saat direkam atau di depan penonton, dan saat mencoba untuk membuat orang lain terkesan, seperti saat pesta atau kencan.

Sebagian besar orang tidak sadar bahwa mereka memberikan isyarat yang menunjukkan perasaan mereka yang sebenarnya.
Selain itu, banyak isyarat bahasa tubuh bersifat genetik atau diwariskan. Mereka menjadi respons otomatis terhadap stres atau terhadap lingkungan.

Misalnya, hari ini kamu pergi ke kedai kopi terdekat dan melihat seorang perempuan memutar-mutar rambutnya sambil berbicara dengan seorang pria. Seorang pria yang mendiskusikan kesepakatan bisnis di telepon tiba-tiba mengayunkan kakinya ke atas dan ke bawah, dan bahkan seorang pria di depan laptop menggigit kukunya dengan gugup hingga terluka. Semuanya dilakukan tanpa mereka memikirkan perilaku nonverbal mereka.

Ini Pentingnya Kamu Kuasai Bahasa Tubuh Menurut Hasil Penelitian

Foto: Zulmaury/Unsplash

Dengan pengetahuan bahasa tubuh, kamu akan bisa berasumsi bahwa perempuan itu tertarik pada si pria, si pria yang sedang bicara bisnis bersemangat tentang kesepakatan, dan si pria dengan laptop sedang gugup tentang sesuatu. Info itu bisa kamu dapatkan tanpa perlu mendengar mereka mengucapkan sepatah kata pun kepadamu.

Saat membaca bahasa tubuh, kamu juga seperti dilatih untuk mengembangkan indera keenammu.
halaman ke-1
Share: