Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA
Episode 6 Loki memungkasi perjalanan Loki di season 1 serial Marvel Cinematic Universe (MCU). Banyak pengungkapan terjadi di episode ini, termasuk season 2. (Foto-Foto: Screen Grab/Disney+ Hotstar)
Episode 6 Loki akhirnya mengungkapkan dalang di balik Otoritas Variasi Waktu (TVA) dan Time-Keepers. Siapa sosoknya sudah banyak terungkap di teori tentang serial ini. Hanya, Marvel menambahkan elemen kejutan pada diri sosok itu dan kiprahnya. Serial ini akan berlanjut ke season 2.

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Episode 6 serial Loki yang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Loki dan Sylvie meneruskan kisah mereka dari episode 5. Mereka memasuki istana di balik Alioth dan bertemu penghuninya. Siapa dia, memang bukanlah sebuah kejutan. Hanya, bagaimana Marvel membangun sosok inilah yang menjadikannya menarik. Seharusnya, tokoh ini muncul pada 2023. Namun, Marvel memberikan sedikit twist.

Baca Juga: 6 Teori Akhir Episode 6 Serial Loki yang Tayang Hari Ini

Apa yang terjadi di episode 6 Loki membangun dasar untuk Loki season 2. Selain itu, kekacauan yang terjadi di serial ini sepertinya juga akan berpengaruh ke film-film layarlebar Marvel Cinematic Universe (MCU) yang bertema multiverse seperti Spider-Man 3 dan Doctor Strange 2. Lantas apa yang terjadi di episode 6 Loki? Berikut ulasannya!

1. Loki dan Sylvie bertemu He Who Remains
Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Miss Minutes menyapa Loki dan Sylvie yang memasuki istana di The Void itu. Kepada kedua orang itu, Miss Minutes mengatakan, mereka sudah ditunggu He Who Remains. Sosok inilah yang berada di balik TVA dan Time-Keepers. Begitu Miss Minutes pergi, Loki dan Sylvie memasuki sebuah ruangan. Mereka bertemu sesosok pria yang ternyata adalah He Who Remains. Namun, sepertinya dia pun adalah varian.

Di Loki, He Who Remains diperankan Jonathan Majors. Aktor ini sebelumnya telah diumumkan memerankan Kang the Conqueror di Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang akan tayang pada 2023. Dari sinilah muncul dugaan kalau He Who Remains adalah varian Kang. Apalagi, saat berbicara dengan Loki dan Sylvie, He Who Remains mengatakan, dia memilki banyak panggilan, seperti penguasa dan penakhluk (conqueror).

Kepada Loki dan Sylvie, He Who Remains mengisahkan tentang dirinya yang berasal dari masa depan dan bertemu dirinya yang berasal dari masa yang lain. Keduanya bertemu dan bertukar pandangan. Namun, dia mengatakan, dari banyak varian dirinya, tak semuanya baik, ada juga yang jahat. Sylvie menyebut He Who Remains sebagai pembohong.

Baca Juga: Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

2. Mobius kembali ke TVA dan ungkap jatidiri Ravonna Renslayer
Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Di TVA, Ravonna Renslayer kesal karena Miss Minutes tidak memberikan dokumen seperti yang dia minta. Dia kemudian mengemasi sejumlah barangnya. Namun, belum sempat dia pergi, Mobius muncul. Dia mengungkapkan kebenaran tentang siapa Ravonna. Hunter B-15 dikirim ke 2018 dan bertemu Ravonna yang merupakan seorang guru. Dia menyerahkan sebuah pulpen kepada Mobius yang kemudian menunjukkannya kepada Ravonna. Hakim itu pun kaget.

Namun, itu tidak membuat Ravonna bergeming. Dia seolah mengacuhkan Mobius dan bukti yang dibawanya. Ravonna tetap mengemasi barang-barangnya dan membuka sebuah portal. Dia tidak mengatakan kemana dia akan pergi. Ketika Mobius mengancam memangkasnya, Ravonna tak gentar. Dia menyerang Mobius dan masuk portal itu. Tidak diketahui kemana Ravonna pergi. Yang menarik, Ravonna mengaku tidak tahu siapa yang berada di balik TVA dan Time-Keepers. Ketika Miss Minutes menyebut kalau dokumen yang dia berikan adalah perintah dari-“nya”, Ravonna bertanya siapa dia, tapi tidak dijawab. Ketika berhadapan dengan Mobius, Ravonna mengatakan ingin mencari tahu semuanya. Di komik, Ravonna punya kaitan erat dengan Kang the Conqueror. Sementara di episode 6 Loki, He Who Remains sepertinya adalah varian Kang.

3. He Who Remains tawarkan kesepakatan untuk Loki dan Sylvie
Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Loki dan Sylvie masuk ke istana itu. Sylvie punya satu tujuan, yaitu menghabisi siapa pun yang mendalangi TVA dan kembali ke linimasa mereka. Namun, saat menghadapi He Who Remains, ada perubahan terjadi. He Who Remains mencoba bernegosiasi dengan mereka. Ada dua tawaran yang dia utarakan kepada dua Loki itu.

Yang pertama, Loki dan Sylvie bisa membunuh He Who Remains dan Linimasa Keramat akan benar-benar terekspos sehingga pecah perang Multiverse. Yang kedua, Loki dan Sylvie bisa mengoperasikan TVA dan membiarkannya tetap hidup. Namun, Loki tidak percaya ucapan itu. Dia mengira He Who Remains berbohong karena bisa dengan mudah menyerahkan takhtanya yang luar biasa itu. Namun, He Who Remains mengatakan, dia sudah lelah dan sudah tua. Dia sudah ingin pensiun dan mencari penggantinya. Dia mengatakan, ternyata orang yang tepat untuk menggantikannya bukan cuma satu, tapi dua, yaitu Loki dan Sylvie.

4. Linimasa keramat kacau, kegilaan multiverse terjadi
Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Sebelum Loki dan Sylvie menjawab tawaran He Who Remains, kekacauan telah terjadi. He Who Remains tak bisa berbuat banyak. Dia mengatakan, mereka baru saja melintasi perbatasan. Saat itulah, He Who Remains mengaku dia telah membohongi Loki dan Sylvie saat mengatakan kalau dia tahu segalanya. Dia tahu kalau semuanya akan berjalan menuju ke titik tertentu. Hanya, dia sudah telat tahu kalau ternyata mereka telah mencapai titik itu. Kini, dia tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Ketika titik itu tercapai, Linimasa Keramat pun terekspos dan multiverse terjadi.

Baca Juga: Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

5. Loki bela He Who Remains, berseberangan dengan Sylvie
Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Sylvie yang sudah muak dengan penjelasan He Who Remains bangkit dari duduknya dan berusaha menyerang He Who Remains dengan pedangnya. Namun, Loki mencegahnya. Loki mengatakan kalau Sylvie harusnya mendengarkan kata-kata He Who Remains. Loki sepertinya percaya dengan ucapan He Who Remains, berbeda dengan Sylvie yang sejak awal skeptis. Perbedaan pandangan ini membuat Loki dan Sylvie pun berhadapan.

5. Loki dan Sylvie berciuman
Episode 6 Loki Singkap He Who Remains Sebagai Otak TVA

Sylvie merasa Loki mengincar takhta yang bakal ditinggalkan He Who Remains. Namun, Loki menyangkalnya. Dia mengatakan, kalau He Who Remains mati, maka akan kekosongan dan itu harus ada yang mengisinya. Menurut Loki, itu adalah langkah pertamanya. Namun, Sylvie sudah terlanjur curiga kepada Loki. Menurut Loki, semesta sedang dipertaruhkan dan semua yang mereka ketahui adalah benar dan mereka harus berusaha mempertahankan semesta dari kehancuran.

Kepada Sylvie, Loki mengatakan, dia tidak ingin menyakiti Sylvie. Dia telah melalui apa yang dilalui Sylvie dan memahami apa yang dirasakannya. Loki terus merayu agar tidak melakukan tindakan nekat yang mungkin akan disesalinya. Dia bahkan bersumpah dari hatinya yang paling dalam kalau dia jujur dalam semua perkataannya saat itu.

“Kamu tidak bisa mempercayai orang dan aku tidak bisa dipercaya,” kata Loki.

Sebuah perkataan Loki sepertinya meruntuhkan hati Sylvie. Loki mengatakan, dia tidak ingin menyakiti Sylvie. Keduanya lalu berciuman.
halaman ke-1
Share: