Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius
Episode 5 Loki mengindikasikan Kang the Conqueror bakal muncul di Marvel Cinematic Universe sebagai penjahat utama meskipun dia dijadwalkan debut di Ant-Man 3. (ScreenRant)
Serial Loki mengindikasikan jika Kang the Conqueror bakal menjadi penjahat utama di Fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU) . Episode 5 serial itu menguak keberadaan sebuah istana di The Void yang dijaga ketat Alioth, makhluk penjaga istana Kang di Chronopolis. Meski begitu, Kang baru dijadwalkan debut di MCU lewat Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang bakal dirilis pada 2022. Aktor Jonathan Majors didapuk untuk memerankan peran tersebut.

Namun, indikasi keberadaan Kang di MCU sudah kian terasa sejak serial Loki tayang di Disney+ Hotstar. Serial ini mengangkat tema tentang waktu, varian dan otoritas yang ada di baliknya, seperti Otoritas Varian Waktu (TVA) serta Time-Keepers. Tema dan karakter-karakter pendukung serial ini terkait erat Kang. Belum lagi, Fase 4 MCU juga terkait multiverse, yang juga bisa mengaitkan Kang.

Baca Juga: Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

Kang merupakan salah satu penjahat terbesar di dunia Marvel . Dia mampu menjelajahi linimasa satu dengan lainnya dengan mudah. Lantas siapakah sosok Kang the Conqueror? Dikutip dari ComicBook dan ScreenRant, berikut ulasannya!

1. Siapakah Kang the Conqueror?
Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

Di jagat komik Marvel, Kang the Conqueror dikenal sebagai makhluk antardimensi. Dia seorang warlord yang bisa melompati waktu yang menakhlukkan seluruh dunia dan linimasa demi bersenang-senang. Kang mampu memenangkan perang karena dia menggunakan senjata dan teknologi canggih dari berbagai masa depan yang dia takhlukkan. Tidak ada yang tahu siapa Kang di balik kostum perang flamboyannya—helm dan topeng.

Kang the Conqueror kali pertama tampil di komik Marvel lewat Fantastic Four #19 dengan nama Rama-Tut. Nama asli Kang adalah Nathaniel Richards—kemungkinan dia adalah keturunan Reed Richards—pentolan Fantastic Four. Di The Avengers #8, dia secara resmi dikenal sebagai Kang the Conqueror. Dia bertempur dengan salah satu line up Avengers yang terdiri atas Thor , Wasp dan Spider-Man —semua pahlawandi Fase 4 MCU. Namun, setelah itu, memiliki banyak identitas adalah ciri Kang. Identitas lain karakter ini termasuk Immortus, versi masa depan Kang yang tinggal di Limbo dan Iron Lad. Dia awalnya adalah anggota Young Avengers.

Meskipun Nathaniel tidak punya kekuatan super tertentu, dia adalah seorang jenius yang mumpuni dalam perjalanan menembus waktu. Dia juga punya kendaraan yang membuatnya bisa mengunjungi abad apa pun. Saat melakukan kunjungan itu, dia bisa mengumpulkan berbagai senjata yang membuatnya bisa meningkatkan kemampuannya. Dia menggunakan teknologi yang sangat maju yang tidak bisa diakses atau disamai orang lain. Dia juga bisa merekrut pasukan berbeda, yang membuatnya bisa menakhlukkan periode waktu berbeda dan membuatnya bisa melawan para superhero.

2. Identitas Kang the Conqueror
Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

Di dunia komik Marvel, Kang the Conquer tidak cuma Kang. Orang di balik kostum perang Kang adalah sosok misterius yang telah mengisi sejumlah peran penting sepanjang sejarah komik Marvel. Ini didasarkan dari titik berbeda di dalam hidupnya dan titik berbeda di waktu yang dia jelajahi. Dengan demikian, Kang yang muncul di serial Loki dan yang diperankan Jonathan di Ant-Man 3 bisa jadi sosok yang berbeda.

Keberadaan banyaknya perwujudan Kang adalah aspek pusat karakternya di komik Marvel. Avengers sudah menghadapi lebih banyak versi Kang ketimbang penjahat lainnya. Pada akhir 1980an, Kang tahu jika kegilaan penjelajahan waktunya menyebabkan terciptanya sejumlah linimasa alternatif, masing-masing dengan Kang versi sendiri-sendiri. Pada sejumlah titik, banyak dari mereka yang bersatu dan membentuk Dewan Para Kang. Mereka dipimpin “Kang Utama”, yang diyakini sebagai Kang asli. Namun, begitu banyaknya linimasa yang membentang akibat aksinya, tidak ada orang yang benar-benar tahu siapa Kang asli lagi.

Baca Juga: Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

Ada juga sejumlah Kang yang memalsukan identitasnya. Dengan kata lain, orang-orang ini sangat berbeda dengannya sehinga mereka berdiri sendiri sebagai karakter berbeda di komik Marvel. Yang paling penting dari karakter-karakter ini adalah Immortus. Dia merupakan penguasa Limbo dan penjahat utama baik untuk Avengers dan Fantastic Four. Ada juga Iron Lad, Kang versi remaja yang menghindari takdir jahatnya dengan menjadi anggota Young Avengers. Lainnya adalah Rama-Tut, versi lain penjahat itu yang mengambil alih Mesir dan kemudian menyesali perbuatan yang dia lakukan sebagai Kang the Conqueror.

3.Pengaruh Kang the Conqueror
Kang the Conqueror, Calon Penjahat Utama di MCU yang Misterius

Peran Kang tidak hanya seperti penjahat besar seperti Thanos di Infinity Saga MCU. Kang adalah sosok rumit yang merupakan campuran antara penjahat penjelakah waktu, pemimpin politik (Rama-Tut), pahlawan (Iron Lad), dan influencer kosmik (Immortus). Jika Fantastic Four, Young Avengers dan X-Men dikaitkang, Kang juga menampilkan sejumlah twist sebab dan akibat pembelok pikiran dalam saga Marvel yang lebih besar. Kang bakal memiliki banyak ikatan di serial dan film MCU ketimbang Thanos.


(alv)
Share: