Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki
Istana yang muncul di akhir episode 5 Loki diduga adalah Chronopolis, tempat tinggal Kang the Conqueror yang diperkirakan menjadi penjahat utama di Fase 4 MCU. (Screen Grab/Disney+ Hotstar)
Episode 5 Loki memberikan kejutan dengan terungkapnya sebuah istana di akhir episode tersebut. Berbagai teori pun bermunculan terkait istana tersebut. Salah satu yang paling banyak dibahas adalah kemungkinan kalau istana itu merupakan Chronopolis, tempat tinggal Kang the Conqueror .

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler Episode 5 serial Loki yang sedang tayang di Disney+ Hotstar! Kalian sudah diperingatkan!

Berjudul Journey Into Mystery (Perjalanan Menuju Misteri), episode 5 Loki membawa para penonton ke sebuah tempat bernama The Void. Ravonna Renslayer mengatakan, tempat bernama a void at the end of time (kekosongan di akhir waktu) itu adalah tempat di mana para varian yang telah dimusnahkan berada. Kid Loki menyebutnya sebagai tempat sampah Otoritas Variasi Waktu (TVA). Varian dan barang-barang yang dimusnahkan TVA dari linimasa dibuang di tempat tersebut. Di tempat ini, ada Alioth yang menjaganya.

Baca Juga: Sebuah Istana Misterius Muncul di Akhir Episode 5 Loki

Loki dan Sylvie sama-sama punya rencana untuk menghancurkan Alioth. Hanya, Sylvie merasa, ada sesuatu di balik Alioth yang akan menjawab semua teka teki di TVA, termasuk siapa Time-Keepers dan pencipta TVA. Setelah merasakan adanya ikatan antara dia dan cabang Alioth yang mengejarnya, Sylvie pun berniat memantrainya. Loki membantunya. Ketika mantra itu mulai memasuki Alioth, awan ungu gelap raksasa itu pun berangsur berubah menjadi hijau dan terkuak. Di baliknya tampak sebuah istana besar. Belum diketahui istana apa, tapi petunjuk mengarah kalau itu adalah Chronopolis.

1. Yang dilihat Sylvie ketika kontak dengan Alioth
Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

Sebelum istana itu muncul di akhir episode 5, visi Sylvie ketika sampai di The Void memberikan sedikit gambaran tentang sebuah tempat seperti sebuah kastil. Sylvie terkena terjangan Alioth setelah dia terbangun di sebuah bus sekolah. Saat itulah, kontak terjadi. Sylvie seolah mendapatkan visi. Dalam visinya, dia melihat batu berbentuk cincin melayang di angkasa, dengan kastil di atasnya.

Tak hanya itu, dalam visinya, Sylvie mendapatkan gambaran lebih dekat dengan kastil itu. Dia melihat sepasang pintu besar di bawah dan di atas, sebuah menara dengan kubah kuning yang bersinar. Sepertinya, pencipta TVA dan Time-Keepers bersembunyi di tempat itu, The Void, edngan Alioth sebagai penjaga mereka.

Baca Juga: Teori: TVA Serial Loki Berada di Kota di Dunia Kuantum Ant-Man 2

2. Chronopolis
Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

Di akhir episode itu, terungkap sebuah bangunan seperti istana berada di baik awan ungu gelap Alioth. Istana itu diduga adalah Chronopolis, kota yang merupakan rumah Kang the Conqueror di komik. Sudah lama para penggemar meraas kalau Kang akan terlibat dengan Loki dan apa yang terjadi di episode 5 sepertinya punya kaitan dengan itu. Masuknya Alioth hanyalah menambah kuat teori itu. Di komik, Alioth juga ditugaskan untuk melindungi pintu masuk Chronopolis.

Chronopolis merupakan negara kota markas Kang the Conqueror. Markas ini terletak di pinggiran dimensi tanpa waktu bernama Limbo. Dengan titik akses ke seluruh era waktu yang telah ditakhlukkan Kang, tiap blok kota muncul di periode waktunya sendiri. Limbo adalah dimensi misterius yang ada di luar peraturan normal ruang dan waktu, dengan penjelajah kapan saja melintasinya.

Sebelumnya, teori yang beredar menyebutkan, Chronopolis terletak di Dunia Kuantum. Kota yang muncul di latar belakang adegan Hank Pym yang pergi ke dunia itu untuk menjemput Jane Von Dyke adalah Chronopolis. Namun, sampai saat ini, teori ini belum terkonfirmasi. Namun, teori terbaru menyebut jika kota yang ada di Dunia Kuantum itu adalah TVA.

Namun, ingatlah. Ini adalah serial Marvel Cinematic Universe (MCU) . Sudah bukan rahasia kalau Marvel kerap memberikan petunjuk sesat di serial atau film mereka. Istana itu mungkin Chronopolis, tapi Kang tidak ada di dalamnya. Kang dijadwalkan debut di MCU di Ant-Man and the Wasp: Quantumania dengan Jonathan Majors sebagai pemerannya. Jadi, ada kemungkinan yang ada di Chronopolis bukanlah Kang. Ada juga kemungkinan kalau istana itu bukanlah Chronopolis. Meski begitu, tetap saja ada yang jelas, yaitu Kang terlibat dengan TVA.

Baca Juga: Dunia Kuantum Akan Membentuk Masa Depan Semesta Film Marvel

3. Kang the Conqueror
Menguak Misteri Istana dan Penghuninya di Akhir Episode 5 Loki

Nama Kang the Conqueror telah muncul sejak Avengers: Endgame dan Spider-Man: Far From Home dirilis. Teori yang muncul, Kang bakal menjadi penjahat terbesar yang akan dihadapi para Avengers di Fase 4 . Alasannya? Waktu itu, teori yang muncul adalah dunia kuantum bakal memegang peranan besar usai Fase 3 berakhir. Loki sepertinya menguatkan teori tersebut.

Indikasi kuat bahwa Kang bakal muncul di Loki adalah skema warna yang muncul bersamaan dengan kemunculan istana di balik awan ungu pekat Alioth. Skema warna Kang adalah hijau dan ungu, pas dengan warna yang muncul di sekitar istana tersebut.

Kang the Conqueror kali pertama tampil di komik Marvel lewat Fantastic Four #19 dengan nama Rama-Tut. Nama asli Kang adalah Nathaniel Richards—kemungkinan dia adalah keturunan Reed Richards—pentolan Fantastic Four. Di The Avengers #8, dia secara resmi dikenal sebagai Kang the Conqueror. Dia bertempur dengan salah satu line up Avengers yang terdiri atas Thor , Wasp dan Spider-Man—semua pahlawan yang akan masuk Fase 4 MCU. Namun, setelah itu, memiliki banyak identitas adalah ciri Kang. Identitas lain karakter ini termasuk Immortus, versi masa depan Kang yang tinggal di Limbo dan Iron Lad. Dia awalnya adalah anggota Young Avengers.

Baca Juga: Teori Avengers 5: Kang the Conqueror Bakal Jadi Musuh Utama?

Meskipun Nathaniel tidak punya kekuatan super tertentu, dia adalah seorang jenius yang mumpuni dalam perjalanan menembus waktu. Dia juga punya kendaraan yang membuatnya bisa mengunjungi abad apa pun. Saat melakukan kunjungan itu, dia bisa mengumpulkan berbagai senjata yang membuatnya bisa meningkatkan kemampuannya. Dia menggunakan teknologi yang sangat maju yang tidak bisa diakses atau disamai orang lain. Dia juga bisa merekrut pasukan berbeda, yang membuatnya bisa menakhlukkan periode waktu berbeda dan membuatnya bisa melawan para superhero.

Indikasi lain kalau Kang punya kaitan erat dengan serial Loki adalah keberadaan Ravonna Renslayer. Hakim TVA ini punya kaitan erat dengan Kang. Ravonna merupakan putri Raja Carelius. Ravonna kali pertama bertemu Kang ketika dia berusaha mencaplok era waktunya ke kekaisarannya. Kang cinta Ravonna, tapi cinta itu bertepuk sebelah tangan. Ravonna membencinya karena dia berusaha menakhlukkan kerajaan ayahnya. Namun, Ravonna kemudian sadar kalau sebenarnya dia pun mencintai Kang.


(alv)
Share: