ASKfm Bisa Bikin Kita Jadi Anonim, Ngobrol Lebih Bebas dan Privat

ASKfm Bisa Bikin Kita Jadi Anonim, Ngobrol Lebih Bebas dan Privat
Jejaring sosial ASKfm meluncurkan fitur baru yang bikin penggunanya bisa ngobrol secara anonim. Foto/ASKfm
JAKARTA - ASKfm, jejaring sosial global dengan jutaan pengguna, meluncurkan Anonymous Chats, yakni fitur baru yang bisa bikin penggunanya jadi sosok yang anonim.

Dengan fitur ini, kamu bisa bertemu teman baru dan mengajukan pertanyaan secara anonim. Kamu juga bisa menyimpan blog atau berbagi rahasia tanpa harus membongkar identitas aslimu. Dari siaran pers ASKfm, disebutkan bahwa fitur ini dibuat atas permintaan 70% penggunanya.

Dalam fitur ini, kamu cuma perlu menulis pesanmu di bawah jawaban pengguna. Fitur ini unik karena kamu bisa menulis pesanmu secara terbuka atau anonim. Jumlah pesertanya tak terbatas dan seluruh peserta obrolan bisa melihat keseluruhan percakapan. Dengan fitur ini, kamu bisa bikin pertemuan dengan ratusan peserta, berkomunikasi dengan teman sekelas, teman sekelompok, bahkan seluruh karyawan perusahaan.

Baca Juga: 15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial



Selain itu, kamu tak perlu khawatir dengan konten yang akan kamu terima lewat fitur obrolan itu. Fitur baru ini tunduk pada seluruh peraturan platform ini. Jadi, setiap pesan yang melanggar peraturan akan langsung dihapus oleh layanan moderasi yang memantau keamanan konten 24 jam setiap hari.

ASKfm Bisa Bikin Kita Jadi Anonim, Ngobrol Lebih Bebas dan Privat

Foto: ASKfm

“Beberapa tahun dari sekarang, jutaan orang akan menilik kembali dan menyadari bahwa terobosan kami ini bagai secercah harapan di tengah ketidakpastian. Kami percaya bahwa komunikasi yang bebas, terbuka, dan aman adalah inovasi yang telah lama dinantikan," ujar CEO ASKfm Janis Grivins.



"Kami merancang Anonymous Chats sehingga siapa pun, terlepas dari apakah dia pengguna aktif atau nonaktif; apakah dia pribadi yang pemalu atau percaya diri; apakah dia gemar berbincang atau cenderung pendiam, bisa menemukan kawan untuk diajak berbincang," imbuhnya.

Jejaring sosial ASKfm diluncurkan pada 2010 dan terus berkembang hingga kini. Sampai saat ini, ASKfm sudah punya 348 juta pengguna yang saling bertukar 600 juta pertanyaan dan jawaban setiap bulannya. Selama tiga tahun terakhir, lebih dari 1,2 juta pengguna dari Indonesia mendaftar di aplikasi ini.

Sejak awal 2020, platform ini juga sudah membuat sejumlah perubahan, mulai dari melakukan penyegaran total dari segi desain tampilan, memperkenalkan mata uang internal yang dinamai ASKfm coin, meluncurkan pasarnya sendiri, hingga menghadirkan program penghargaan influencer, fitur jawaban rahasia, dan paket berlangganan.

Baca Juga: 9 Teknologi yang Sering Dipakai Para Pemburu Hantu

Fitur jawaban rahasia langsung direspons positif. Pengguna bisa menyembunyikan jawaban menarik dan unik dari pengguna-pengguna lain yang kepo, kemudian “menjualnya” untuk mendapatkan koin. Sederhananya, pengguna bisa mengambil keuntungan dengan membagikan rahasianya kepada pengguna lain.

Langkah pengembangan ASKfm berikutnya adalah “obrolan tertutup untuk dua orang”, yang akan memudahkan kamu untuk berkomunikasi secara pribadi.


(ita)
Share: