Asal-usul, Klan, Fraksi, dan Sekutu dalam Mortal Kombat

Sabtu, 24 April 2021 - 11:13 WIB
loading...
Asal-usul, Klan, Fraksi, dan Sekutu dalam Mortal Kombat
Gim Mortal Kombat punya latar belakang cerita dan karakter untuk mengawali ajang turnamen laga dalam gim tersebut. Foto/Warner Bros.
A A A
JAKARTA - Mortal Kombat berawal dari arcade game pertarungan yang dibuat oleh Midway pada 1992. Dalam proses pembuatannya, terbentuk satu tim terdiri dari Ed Boon (programmer), John Tobias (artist), John Vogel (artist), dan Dan Forden (sound designer).

Biasanya, permainan arkade hanya berfokus pada hal yang membuat senang tanpa menitikberatkan pada cerita. Namun, gim Mortal Kombat memberikan latar belakang cerita berisi mitologi dan dunia multidimensi, membuat banyak orang tertarik untuk memainkan permainan ini.

Daya tarik Mortal Kombat yang berbeda dengan permainan arkade lain pada waktu itu adalah latar dunia dalam gim dan cerita pada masing-masing tokoh. Ketertarikan pemain terhadap biografi karakter pada masa percobaan membuat permainan Mortal Kombat pada awalnya fokus pada jalan cerita dan plot latar belakang karakter.

Daya tarik lainnya berasal dari visual. Pada tahun 1990-an, ketika genre pertarungan menjadi populer pada permainan arkade, visual karakter dalam permainan cenderung terlihat seperti kartun. Mortal Kombat memberikan visual dalam kualitas lebih tinggi dan menyerupai manusia sungguhan.

Asal-usul, Klan, Fraksi, dan Sekutu dalam Mortal Kombat


Berdasarkan ucapan Tobias, Mortal Kombat awalnya punya keterkaitan dengan aktor laga Jean-Claude Van Damme. Rencananya, Van Damme akan menjadi karakter dalam gim atau memainkan peran di dalamnya. Pada akhirnya, Van Damme tidak ikut terlibat dan karakter yang sudah dikembangkan sebelumnya berdasarkan dirinya diubah menjadi karakter Johnny Cage.

Permainan Mortal Kombat juga terkenal dengan kontennya yang termasuk dalam kategori gore, genre yang memuat adegan sadis dan eksplisit. Terdapat fatalitas, pilihan untuk pemain pada akhir pertarungan berupa gerakan opsional untuk menyakiti lawan lebih jauh lagi walau health bar lawan sudah mencapai angka nol. Permainan ini pun sempat mendapat seruan untuk adanya sensor sebab adegan dianggap terlalu eksplisit, terlebih saat itu Mortal Kombat cukup populer di kalangan anak-anak.

Asal-Usul Kisah Mortal Kombat

Cerita Mortal Kombat memiliki dua jalur (timeline), yaitu Midway dan NetherRealm. Jalur cerita Midway berasal dari perusahaan video game yang mencetuskan Mortal Kombat. Sedangkan NetherRealm berasal dari sebuah studio video game baru dari Warner Bros. (WB) ketika Midway menjual judul Mortal Kombat ke WB.

Jalur cerita NetherRealm mengalami perubahan pada gim "Mortal Kombat 9", ketika mereka mengubah ulang cerita Mortal Kombat. Jalur cerita Midway sering disebut sebagai original timeline sedangkan jalur cerita WB disebut new timeline.

Baca Juga: Sam Wilson Akhirnya Sahih Jadi Captain America Baru MCU

Dalam permainan Mortal Kombat, terdapat empat dimensi atau dunia, yaitu Outworld, Edenia, NetherRealm, dan EarthRealm. Dimensi-dimensi tersebut sebagian besar diawasi oleh para dewa, yang terdiri dari tiga macam. Pertama, dewa yang dapat ikut campur langsung dalam urusan manusia. Kedua, Elder Gods yang lebih kuat, tapi jarang campur tangan dalam urusan manusia. Ketiga, Titans, dewa yang bergerak dalam bayangan.

Asal-usul, Klan, Fraksi, dan Sekutu dalam Mortal Kombat

Foto: Midway

Keempat dimensi ini tidak dapat akur dan ingin menguasai satu sama lain. Terbentuk sebuah peraturan yang mengharuskan satu dimensi untuk memenangkan turnamen sebanyak 10 kali berturut-turut agar dapat menginvasi dimensi lainnya. Peraturan tersebut diciptakan oleh para Elder Gods dalam upaya mencegah dunia Outworld dan Shao Kahn - pemimpin militer Outworld - menguasai seluruh dimensi. Pada setiap generasi, turnamen ini akan digelar. Turnamen inilah yang disebut sebagai Mortal Kombat.


Fraksi/Klan dan Sekutu

Dalam timeline Mortal Kombat, terdapat beberapa fraksi yang terbentuk dan memuat beberapa karakter sebagai anggota. Masing-masing fraksi atau klan juga memiliki lawan dan rival tersendiri.

Pertama, fraksi Special Forces, unit paramiliter dari EarthRealm atau Bumi. Pada awalnya, karakter yang berada dalam fraksi ini adalah Sonya Blades dan Jackson "Jax" Briggs. Lalu ditambah Cyrax, Kenshi Takahashi, dan Kurtis Stryker. Dalam perjalanannya, fraksi ini dengan Johnny Cage melatih unit baru berisi petarung yang berasal dari fraksi Special Forces, White Lotus, dan Shirai Ryu.

Klan kedua, Lin Kuei, berisi para pembunuh dari China dan termasuk dalam kombatans terkuat dalam dunia Mortal Kombat. Dalam timeline original dan new, anggota Lin Kuei adalah Bi-Han dan Kuai Liang yang sama-sama memiliki kode nama Sub-Zero. Berkaitan dengan konflik terkait Scorpion, Bi-Han mati dibunuh olehnya dan kembali muncul dalam wujud roh yang dikenal sebagai Noob Saibot. Klan ini memiliki anggota lain, yaitu Frost, Smoke, Cyrax, Sektor, dan Sareena.

Asal-usul, Klan, Fraksi, dan Sekutu dalam Mortal Kombat

Foto:YouTube Mortal Kombat

Ketiga, Shirai Ryu dengan anggotanya yang cukup terkenal, Scorpion, sebuah kode nama untuk Hanzo Hasashi. Shirai Ryu dibentuk oleh salah satu mantan anggota Lin kuei, Takeda. Dia merasa ajaran dalam Lin Kuei kurang efektif dan akhirnya kembali ke rumahnya di Jepang dan memulai ajaran yang membuatnya dapat membentuk Shirai Ryu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)