alexametrics
Menonton Film Horor dan Ditakuti-takuti Ternyata Ada Manfaatnya
Menonton Film Horor dan Ditakuti-takuti Ternyata Ada Manfaatnya
Menonton film horor sambil ketakutan ternyata ada manfaatnya menurut para peneliti ilmu psikologi. Foto/Istimewa
Amerika Serikat - Kalau kamu penakut tapi suka nonton film horor, atau hobi naik wahana ekstrem di Dufan tapi juga yang jeritnya paling kenceng, bisa jadi kamu menabung banyak manfaat buat kesehatan mentalmu.

Ternyata, menurut penelitian, ada beberapa manfaat yang signifikan untuk orang-orang yang senang ditakuti-takuti atau mencari pengalaman atau aktivitas yang membuat mereka ditakut-takuti.

Jadi, ada istilah yang namanya Voluntary, Arousing, Negative Experiences atau disingkat VANE. Ini adalah sebuah kegiatan yang dianggap tidak menyenangkan tapi dengan sukarela kita lakukan. Mirip-mirip dengan orang yang penakut tapi nekat nonton film horor, atau mereka yang takut ketinggian tapi penasaran pengin merasakan bungee jumping atau paragliding.



Menonton Film Horor dan Ditakuti-takuti Ternyata Ada Manfaatnya
Foto: Monterey Sky Sports 

Saat melakukan VANE, biasanya kita akan deg-degan dan berkeringat dingin. Nah, menurut penelitian, kondisi ini bisa membuat kita belajar untuk menangani stres. Yang artinya, kalau kita ketemu tingkat stres yang lebih besar lagi, maka kita bakal bisa mengatasinya.

Kesimpulan ini didapat setelah dilakukan penelitian oleh Margee Kerr dan Greg J. Siegle dari University of Pittsburgh dan Jahala Orsini of the University of Pittsburgh Medical Center. Hasil penelitian ini telah diterbitkan di jurnal American Psychological Association.

Mereka mengumpulkan 262 responden, terdiri dari 139 perempuan dan 123 laki-laki dewasa. Semua responden diminta untuk masuk ke wahana rumah hantu yang disebut sebagai yang paling menyeramkan di Pittsburgh. Semua responden belum pernah masuk ke wahana tersebut.

Menonton Film Horor dan Ditakuti-takuti Ternyata Ada Manfaatnya
Foto: WEWS

Sebelum masuk ke rumah hantu, mereka harus menjawab tes demografi, respons emosi, dan apakah mereka menyukai aktivitas VANE. Dari seluruh responden, sebanyak 100 orang juga mau menjalankan tes lanjutan dengan menggunakan alat khusus.

Sebanyak 100 orang ini lalu menjalani tes ketahanan mental. Mereka diperdengarkan musik yang sangat keras, lalu diperlihatkan gambar-gambar provokatif, yaitu yang berhubungan dengan kekerasan, mutilasi, bahkan seks erotis.

Nah, dari hasil penelitian ini, kelompok 262 responden mengaku sangat menyukai aktivitas VANE di rumah hantu. Yang menarik, mereka yang awalnya mengaku bosan dan stres ternyata meningkat dalam respons otak dan emosinya.

Mereka mengatakan bahwa mereka merasa tertantang untuk menghadapi ketakutan mereka, jadi penuh semangat, dan makin mengenal diri mereka sendiri setelah menyelesaikan tantangan ditakut-takuti di rumah hantu.

Sementara untuk kelompok 100 responden, peneliti menemukan menurunnya aktivitas keaktifan otak, yang membuat seseorang jadi mampu menghadapi stres dan kondisi yang mengancam mereka.

Mengapa aktivitas otak yang menurun malah bikin kita bisa mengatasi stres? Karena menurut para peneliti, itu membuat kita jadi tidak berpikir berlebihan alias overthinking. Inilah mengapa relaksasi atau menenangkan otak seperti meditasi disebut sebagai aktivitas melepas stres.

Selain itu, melakukan VANE, seperti menonton film horor atau masuk ke wahana rumah hantu, membuat kita bisa lebih dekat dengan orang lain.

Buktinya adalah, saat takut, biasanya kita akan berpegangan tangan, menutup mata, atau malah berpelukan. Iya, enggak?

Menonton Film Horor dan Ditakuti-takuti Ternyata Ada Manfaatnya
Foto: personal.psu.edu

Nah, berpegangan tangan, menjerit, dan sebagainya ini juga pada akhirnya membuat kita mengalami emosi yang seolah bertolak belakang, yaitu takut sekaligus senang. Makanya, menonton film horor beramai-ramai itu jadi pengalaman yang dinantikan dan sering kita lakukan karena seru.

Pada akhirnya, VANE membuat kita belajar untuk jadi kuat saat menghadapi situasi-situasi yang tidak menyenangkan atau stres. Kita juga dilatih untuk mencari solusi untuk mengatasinya, dalam kasus menonton film horor, yaitu mencari kenyamanan dengan berpegangan tangan atau menutup mata.

Jadi, siapa yang mau lebih rajin nonton film horor demi melatih ketahanan mental?



(her)
Artikel Terkait
View More
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
R Side
R Side
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss