Cara-cara Agar Hewan Peliharaanmu Tidak Gampang Diculik atau Hilang

Kamis, 04 Februari 2021 - 14:00 WIB
loading...
Cara-cara Agar Hewan Peliharaanmu Tidak Gampang Diculik atau Hilang
Hewan peliharaan seperti kucing bisa saja hilang mendadak kalau kamu tidak menjaganya dengan baik. Foto/Pixabay
A A A
JAKARTA - Kasus penculikan hewan peliharaan belakangan ini kembali menjadi sorotan warganet di jagat media sosial.

Kasus tersebut mencuat setelah Sonia Rizkika Rai, lewat akun Instagram pribadinya @soniarizkikarai mengunggah cerita pengalamannya dalam membongkar praktik penculikan dan jagal kucing di Medan, Sumatera Utara. Saat itu, kucing peliharaan miliknya bernama Tayo yang hilang sejak dua hari terakhir ikut menjadi korban.

Tak cuma kucing , kalau dilihat dari kasus-kasus sebelumnya, para pelaku juga menyasar hewan-hewan peliharaan, seperti anjing, burung, kelinci, hingga reptil (kura-kura, ular, dan lainnya). Minimnya hukuman pidana bagi para pelaku dinilai menjadi alasan, masih maraknya kasus penculikan hewan peliharaan di Indonesia hingga saat ini.

Lantas, apa yang bisa dilakukan? Berbagai macam tindakan pencegahan (preventif) sebenarnya bisa dilakukan, supaya hewan peliharaan kamu tak menjadi korban penculikan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar hewan peliharaan kamu tetap aman.

1. PASANG KALUNG IDENTITAS

Cara-cara Agar Hewan Peliharaanmu Tidak Gampang Diculik atau Hilang

Foto: Pixabay

Mulai dari hal sederhana, kamu bisa memasangkan hewan peliharaanmu sebuah tanda pengenal berupa kalung atau tag ID yang dibuat seunik mungkin. Hal ini bertujuan agar hewan peliharaanmu bisa dikenal dengan mudah oleh lingkungan sekitar tempat tinggalmu, terutama kucing dan anjing yang terbiasa bermain di luar rumah.

Pada kalung atau tag ID tersebut, bisa kamu cantumkan nama panggilan dan detail identitas lainnya mengenai hewan peliharaanmu. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan bahan dalam membuat kalung identitas atau tag ID untuk hewan peliharaan kamu. Pastikan bahan yang digunakan tidak mudah rusak dan nyaman bagi hewan peliharaan kamu.

2. BUAT HEWAN PELIHARAANMU TERBIASA DENGAN LINGKUNGAN SEKITARNYA

Cara-cara Agar Hewan Peliharaanmu Tidak Gampang Diculik atau Hilang

Foto: Pixabay

Seperti yang diketahui, kucing dan anjing adalah hewan peliharaan yang punya ingatan kuat, pengamat yang tajam, dan bisa mengambil banyak informasi tentang lingkungan di sekitar mereka. Nah, ketiga hal itulah yang membuat mereka tidak gampang hilang alias bisa menemukan jalan pulang kalau tersesat.

Dikutip dari Time For Paws, alasan seekor kucing tidak gampang tersesat adalah karena mereka mempunyai prioritas, yaitu sebuah tempat tinggal yang aman untuk ditinggali dan sumber makanan yang dapat diandalkan. Kemampuan ini disebut sebagai horning, yaitu seekor kucing dapat mengarahkan dirinya ke arah yang benar (tempat tinggal) ketika mereka tersesat. Sementara anjing, mengutip Get Huan, mengandalkan ingatan dan indera penciumannya yang kuat, yakni 10 ribu hingga 100 ribu kali lebih tajam dibanding manusia.

Baca Juga: Kode Penting! Ini 10 Arti Gerak-Gerik Buntut Kucing

Maka dari itu, buatlah hewan peliharaanmu senyaman mungkin dan terbiasa dengan lingkungan serta tempat tinggalmu. Biarkan mereka dengan bebas menjelajahi ruangan atau area tempat tinggalmu. Selain itu, kamu juga bisa mengajak mereka ke luar rumah pada waktu tertentu supaya bisa mengenali lingkungan di sekitar rumahmu.

3. PASANG PERANGKAT PENGAMAN TAMBAHAN

Cara-cara Agar Hewan Peliharaanmu Tidak Gampang Diculik atau Hilang

Foto: Pixabay

Supaya lebih menjamin keamanan hewan peliharaanmu, kamu bisa memasang perangkat keamanan seperti kamera CCTV (Closed-circuit television) di beberapa titik area rumahmu, yang terhubung pada layar monitor atau gawai. Ini dapat memudahkan kamu dalam mengawasi gerak-gerik mereka dan lingkungan sekitarnya.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa memasang pelacak GPS (Global Positioning System) berbentuk chip (kepingan kecil) dan lainnya pada hewan peliharaanmu. Selain memberikan cakupan pengawasan yang lebih luas dibandingkan CCTV, perangkat ini juga lebih memudahkan kamu dalam melakukan pencarian ketika hewan peliharaanmu hilang atau berhasil dicuri oleh orang tidak dikenal.

Ini karena perangkat tersebut dapat melacak jejak hewan peliharaan kamu secara real time dan mengetahui lokasi terakhirnya. Perangkat keamanan ini cocok untuk hewan peliharaan yang aktif, kucing dan anjing misalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)