10 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang TV 8K di 2020

Senin, 20 April 2020 - 10:44 WIB
loading...
10 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang TV 8K di 2020
Jajaran Samsung QLED 8K TV 2020 Q950TS meningkatnya kebutuhan layar ultra besar dan kualitas gambar Ultra HD, serta peningkatan dalam desain, AI, HDR, sudut menonton, dan banyak lagi.
A A A
JAKARTA - Setelah dikenalkan di Consumer Electronic Show (CES 2020), Samsung mengenalkan TV 8K mereka melalui Live Webinar, Kamis (16/4) silam. Kemungkinan besar TV yang lebih tajam dibanding layar bioskop tersebut akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Seperti apa faktanya?

BEZEL? APA ITU?
2020_Samsung QLED TV Q950T_5

Bezel sejatinya bingkai TV. Tapi, di Q950TS, gambar mengisi 99% layar, hingga ke tepinya. ”Bisa dibilang kami menghilangkan bezel dan kotak hitam di sekeliling layar,” ujar Jongsuk Chu, Executive Vice President of Visual Display Business, Samsung Electronics.

6 SPEAKER
Seringnya, TV tipis perlu sistem audio terpisah. Tapi, Q950TS tetap memakai 6 speaker built in. “Padahal desain bagian belakangnya datar. Juga ketebalan TV hanya 15mm," beber Jongsuk Chu.

UPSCALING
VD Tech Seminar 2

Karena konten 8K belum banyak tersedia, maka upscaling ke 8K jadi kunci. Q950TS memakai Neural Network di 8K Quantum Processor yang dapat belajar sendiri. Sehingga resolusi konten apapun (HD, FHD, dan 4K) dapat di upscaling ke 8K. ”Di resolusi HD, kinerja AI Upscaling jauh lebih besar dibanding FHD. Upscaling penting untuk detail yang rumit,” ujar Jongsuk Chu lagi.

QLED TV 8K
QLED TV dikenal dengan kontras yang sangat baik. Inilah panel terbaik yang ada di pasar saat ini. Area yang gelap menjadi lebih gelap. Teknologi Adaptive Picture juga menyesuaikan TV dengan pencahayaan ruangan.

KONTEN 8K
2020_Samsung QLED TV Q950T_4

Galaxy S20 telah dilengkapi kamera 8K, sehingga konsumen bisa merekam gambar dan video 8K. ”Kami perkirakan konten 8K akan lebih banyak tersedia di pasar di tahun 2020,” ujar Jongsuk Chu.

Untuk streaming konten video 8K butuh jaringan internet supercepat dan prosesor powerful karena ukuran 8K yang sangat besar. Di 2020, menurut Jongsuk, QLED 8K dilengkapi teknologi seperti AV1 codec, HDR 10+, dan AI ScaleNet.

”Konsumen bisa memutar konten 8K di YouTube secara realtime. Mereka bisa merekam video 8K, membaginya ke YouTube, dan mentransfernya ke Samsung 8K TV dengan fitur Smart View," ia menambahkan.

OBJECT TRACKING SOUND
Karena ukuran rata-rata layar TV terus meningkat, suara menjadi sama pentingnya dengan kualitas gambar. Teknologi Object Tracking Sound+ (OTS+) memperjelas lokasi dari suara-suara yang muncul di layar. OTS mendorong speaker kiri dan kanan utama selebar mungkin, menambahkan sepasang speaker ke bagian atas TV.

MULTI VIEW
2020_QLED_Multi_View

Di 2020, konsumen bisa menonton TV sambil tetap terhubung di smartphone. Fitur ini disebut Multi View. Sesuai riset bahwa 92% konsumen melihat ponsel saat menonton TV. Dengan Multi View, tidak perlu bolak-balik di antara dua layar.

Di pertandingan olah raga, konsumen bisa melihat live chat yang mirroring di ponsel. Atau, menonton video kebugaran sambil memeriksa posisi dengan kamera ponsel.

DIGITAL BUTLER
Fitur ini akan menghubungkan semua perangkat yang ada dirumah, dan di akses lewat Smart TV. ”Anda bisa melihat semua perangkat yang terhubung muncul di TV dan mengontrolnya,” ujar Jongsuk Chu.

Digital Butler akan menghubungkan perangkat, terlepas dari Bluetooth, BLE, atau Wi- Fi. Ketika menonton TV, misalnya, Digital Butler membantu mengubah suasana pencahayaan di ruangan.

KENDALI SUARA
Samsung QLED 8K TV 2020 Q950TS memiliki opsi asisten suara, mulai Bixby, Amazon Alexa dan Google Assistant. Saat mengganti-ganti channel TV dan tidak menemukan sesuatu, Bixby bisa memberikan beberapa saran di layar tentang cara menemukan konten. Atau, memerintahkan pencarian berdasarkan kurun waktu tertentu.

GAMING
2020_QLED_OTS+

QLED TV juga sangat optimal untuk gaming. Tahun lalu, Samsung QLED memiliki input lag terendah yaitu 15ms. Tahun ini, ditekan menjadi di bawah 10ms. Saat memainkan game FPS (First Person Shooting), misalnya, fitur Dynamic Black Equalizer mengoptimalkan tingkat kegelapan dari 0 hingga 5 melalui analisis real-time, hingga pada akhirnya memberikan visibilitas lebih baik.

Game Surround Sound menggunakan teknologi AI untuk menganalisis setiap adegan. Artinya konsumen dapat mendengar langkah musuh mendekat dan melakukan serangan balik sebelum mereka mengetahuinya.

Nah, seperti apa kecanggihan TV 8K? Tertarik untuk membelinya? Tentu saja TV ini akan mengusung banderol yang tidak murah dan menyasar konsumen niche.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)