Tidak Asal Foto, Begini Cara Memotret Produk Agar Laris di Online Shop

Rabu, 15 April 2020 - 18:57 WIB
loading...
Tidak Asal Foto, Begini Cara Memotret Produk Agar Laris di Online Shop
Hanya perlu bermodalkan smartphone, penjual online shop bisa menghasilkan foto produk terbaik yang menarik pelanggan mereka.
A A A
JAKARTA - Kondisi social dan physical distancing saat ini, membuat sebagian pemilik usaha terpukul. Mulai restoran, kafe, salon, mal, pasar, juga toko tradisional. Sebaliknya, sebagian pedagang yang menjajakan produknya secara online kebanjiran order. Alasannya sederhana, karena pembeli bisa mendapatkan produk incarannya sampai di depan rumah.

Ditengah maraknya persaingan ketat antar penjual online, kualitas foto produk yang baik dan menarik, wajib dimiliki agar selalu dilirik calon pembeli. Eits, untuk menghasilkan foto produk menarik ternyata ada kiatnya. Pemilihan angle foto hanya salah satu hal yang harus diperhatikan.

Nah, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. SUMBER CAHAYA YANG BAIK
IMG_2246

Detil dalam sebuah produk sangat penting, agar konsumen lebih yakin. Maka, pastikan foto produk mendapat pencahayaan yang cukup. Solusi paling mudah yaitu dengan membeli lampu foto studio. Tapi, untuk mereka yang ingin berhemat ada cara lain yaitu dengan memanfaatkan cahaya matahari di pagi hari, pilih lokasi terbaik misalnya di luar ruang dengan latar belakang yang menarik.

2. LATAR BELAKANG POLOS
IMG_2254

Untuk mereka yang memiliki produk dengan detail yang tinggi salah satu trik yang dapat dimanfaatkan adalah dengan menggunakan latar belakang polos. Trik ini akan membuat calon konsumen untuk melihat lebih fokus ke produk yang dijajakan. Gensindo sendiri menggunakan background foto tambahan di toko online. Tapi, jika ingin irit, bisa memakai lantai atau tembok.

3. KAMERA 64 MP
IMG_2259

Salah satu produk yang menjadi incaran konsumen saat ini adalah makanan segar. Seperti namannya, bahan makanan segar tampilan foto produk yang disajikan menjadi sangat penting. Untuk mendapatkan hasil optimal kamera DSLR tentu bisa menjadi pilihan, namun harga dari kamera DSLR sangat mahal hingga mencapai jutaan rupiah.

Tetapi, saat ini kamu bisa menggunakan kamera handphone beresolusi besar. Misalnya kamera dengan resolusi 64 MP di Galaxy M31, sangat cukup digunakan untuk memotret produk atau barang dagangan karena dapat mempertahankan detil produk, sehingga tidak akan pecah saat di perbesar (zoom). Atau, jika diperlukan kita bisa melakukan cropping di bagian foto tertentu tanpa kehilangan kualitas.

4. LENSA MACRO UNTUK BARANG MUNGIL
20200411_121652

Beberapa produk seperti perhiasan, minifigures, hingga komponen elektronik, memiliki ukuran kecil. Untuk produk produk tersebut, bisa memanfaatkan fitur lensa macro dalam mengambil gambar/obyek dari jarak dekat secara detil.

Harus diingat, produk yang fotonya diambil sendiri (bukan diambil dari internet), bisa meningkatkan kepercayaan dan keyakinan bagi pembeli. Galaxy M31 telah mendukung pengambilan gambar dengan lensa Macro 5MP yang menurut Gensindo, hasil gambarnya cukup ciamik dan dapat digunakan di akun online shopmu untuk menarik minat mereka. Untuk mengetahui hasil lensa Macro 5MP pada Galaxy M31, Gensindo sudah pernah membahasnya di tulisan terpisah.

5. EFEK BOKEH, FOTO LEBIH DRAMATIS
20200411_122207

Lensa depth lens 5 MP di Galaxy M31 membuat foto lebih estetik dan menarik saat digunakan untuk memotret obyek seperti action figure. Wajah dan ekspresi karakter jadi terasa lebih dramatis sehingga membuat calon konsumen tertarik.

6. ULTRA WIDE UNTUK PAMER KOLEKSI
20200411_122925

Ada koleksi baju baru yang belum dipromosikan? Silahkan berkreasi lewat lensa Ultra Wide 8 MP di Galaxy M31. Lensa wide memungkinkan kreatifitas lebih luas. Misalnya soal pengambilan angle, dari bawah, atas, atau bahkan menggunakan model. Pemilik toko fashion juga bisa memanfaatkan lensa lebar untuk memamerkan keseluruhan koleksi jualan mereka.

Pengambilan gambar pun tidak perlu pergi jauh-jauh, cukup cari background estetik pada bagian rumah atau taman dekat kompleks kamu, dan dengan pencahayaan cukup atau dapat menggunakan bantuan ring light, sudah bisa menghasilkan gambar luas yang memperlihatkan seluruh tampilan fashion yang ingin dipromosikan. Dijamin, calon pembeli semakin yakin dengan baju pilihannya di store online Anda.

7. OPTIMALKAN KECERAHAN LAYAR
IMG_2265

Jika memotret dibawah sinar matahari, pastikan optimalkan kecerahan layar. Gunanya agar kita dapat memastikan bahwa hasil foto yang diambil sudah fokus dan hasilnya sesuai keinginan. Layar 6,4 inch Super AMOLED Galaxy M31 sudah ideal. Tidak terlalu besar, tetap nyaman di genggam, dan memudahkan saat mengedit gambar.

8. BATERAI BESAR, PENTING
IMG_2275

Konsumen bisa mengontak kapan saja. Baik pagi, siang, hingga tengah malam. Penjual secara tidak langsung dituntut untuk harus selalu standby dan cepat merespons pertanyaan hingga keluhan pembeli.

Walau di plaform belanja online semuanya sudah jelas, tapi sentuhan personal dengan menjawab pertanyaan langsung tetap penting. Karena itu, baterai 6.000 mAh di Galaxy M31 jelas berguna. Karena tidak perlu mengisi daya berulang kali. Apalagi ada fitur Power Mode yang dapat membuat daya tahan baterai jauh lebih lama lagi.

9. NOTIFIKASI HARUS SELALU AKTIF
IMG_2278

Foto-foto: Danang Arradian

Notifikasi transakasi atau pesan baru harus selalu muncul, agar penjual bisa selalu update terhadap lapaknya. Misalnya, ketika ada barang yang habis. Atau, ketika pembeli melakukan complain. Juga, ketika ada transaksi baru dengan opsi pengiriman cepat. Karena itu, adanya fitur Always on Display bisa dimanfaatkan untuk mengetahui setiap notifikasi pesan masuk bahkan saat kita tidak sedang menggengam smatphone.

Bagaimana? Semoga informasi mengenai cara mengambil foto diatas bisa dimanfaatkan untuk memperbaikin kualitas foto bagi mereka yang terbiasa berjualan online, atau mungkin yang baru mau memulai.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)