Apa Kriteria Smartphone Terbaik untuk Pelajar/Mahasiswa?

Jum'at, 17 April 2020 - 08:30 WIB
loading...
Apa Kriteria Smartphone Terbaik untuk Pelajar/Mahasiswa?
Pelajar dan mahasiswa zaman now memiliki kebutuhan yang majemuk. Mulai dari mengerjakan tugas, menonton kuliah streaming, hingga membuat content.
A A A
JAKARTA - Jelang tahun ajaran baru 2020, sebagian pelajar/mahasiswa mulai berpikir untuk menyegarkan ponsel mereka. Tapi, ponsel seperti apa yang dibutuhkan pelajar/mahasiswa? Fitur dan spesifikasi seperti apa yang cocok untuk mereka? Dan yang lebih penting adalah, bagaimana sebuah smartphone bisa membantu mereka mengerjakan tugas sehari-hari?

Nah, Gensindo mencoba memperhatikan tren sejumlah fitur yang diadopsi oleh pabrikan ponsel yang ada saat ini.

MEREKAM MATERI KULIAH
IMG_8638

Kamera dengan resolusi tinggi memungkinkan memotret dari jarak jauh dan hasilnya tidak pecah.

Dua tahun lalu, smartphone dengan dua atau tiga kamera belakang mungkin jadi fitur mewah. Tapi, saat ini ponsel Quad Camera dianggap normal. Pertanyaannya kemudian. empat kamera belakang itu berguna atau sekadar gimmick, sih?

Samsung Galaxy M31, misalnya, memiliki kamera utama 64MP f/1.8, kamera kedalaman (Depth) 5MP f/2.2, kamera Macro 5MP f/2.4, dan kamera Ultra Wide 8MP, f/2.0.

Kamera utama 64 MP yang punya resolusi besar, akan berguna misalnya untuk memotret presentasi dosen. Apalagi jika kita duduk bangku belakang. Lewat resolusi besar, gambar tidak pecah. Tulisan di papan (whiteboard/presentasi) pun lebih mudah terbaca.

1OK
Quad kamera bukan hanya tren, tapi menyesuaikan dengan kebutuhandan tren anak muda.

Smartphone juga bisa jadi alat yang sangat berguna untuk merekam materi kuliah, terutama yang kita sendiri kurang mengerti, dalam bentuk foto atau video. Tentunya, jika dosen/pengajar sudah mengizinkan.

Sementara itu, kamera Ultra Wide penting untuk mengabadikan momen apapun jadi lebih luas. Misalnya kamu sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan membutuhkan bukti-bukti berupa foto, fungsi lensa Ultra Wide ini dapat dimaksimalkan. Momen bersama partner atau user ditempat kerjamu dapat terekam dengan menyeluruh. Kelebihan di Galaxy M31, lensa Ultra Wide ini dapat digunakan juga pada mode video.

IMG_1978
Fitur macro di smartphone tergolong baru dan sangat menarik untuk di eksplorasi.

Adapun kamera Macro, bisa digunakan untuk menjawab tantangan tugas kuliah/sekolah yang berkenaan dengan gambar detail dari dekat, misalnya untuk mengambil gambar hasil prakarya kelompok.


BATERAI BESAR, KULIAH SEHARIAN NGGAK PERLU NGECHARGE
IMG_2271

Baterai besar jadi fitur wajib karena jadwal kuliah bisa dimuali pagi dan baru selesai sore hari, bahkan malam.

Sebagian jadwal kuliah dimulai pagi hari. Terkadang dilanjut setelah makan siang hingga sore. Selama kuliah, kita masih menggunakan smartphone untuk mencatat atau merekam materi dari dosen.

Begitu kuliah selesai pun tidak langsung pulang. Namun, masih disambung mengerjakan tugas dengan mahasiswa lain secara berkelompok hingga malam. Disela-sela waktu menunggu, smartphone masih dipakai mengakses sosial media hingga membuat konten. Karenanya, kebutuhan baterai smartphone besar menjadi mutlak. Baterai besar seperti Galaxy M31 yang mencapai 6.000 mAh sangat relevan, karena dapat bertahan lama diberbagai kegiatan seperti melakukan panggilan telepon maupun konferensi yang diklaim dapat bertahan hingga 48 jam, hingga streaming musik sambil mengerjakan tugas yang dapat mencapai 119 jam pemakaian.

Baterai besar bisa jadi identik dengan smartphone yang menjadi lebih berat, namun Gensindo melihat bahwa desain dari Galaxy M31 sama sekali tidak tampak besar. Tetap tipis dan ringkas.

3_1
Baterai boleh besar, tapi ukuran harus dijaga agar tetap ringkas agar nyaman digenggam dan dibawa-bawa.

Sebaliknya, secara fungsi dan penggunaan ponsel, dampaknya signifikan karena kita tidak perlu repot ngecharge setiap saat dan membawa-bawa powerbank. Seberapa lama daya tahan baterai sebuah ponsel, memang tergantung dari pemakaian masing-masing individu. Tapi, kita percaya diri bahwa ponsel kita tidak perlu bertemu powerbank selewat jam makan siang.

MENGOPTIMALKAN FOCUS MODE
IMG_2201
Focus Mode menjaga tetap fokus dan terbebas dari distraksi notifikasi yang mengganggu.

Smartphone bak pedang bermata dua. Bisa jadi sumber informasi dan pendukung pembelajaran dan membantu mengerjakan tugas kampus. Tapi, bisa juga menjadi sumber distraksi, jika tidak hati-hati. Mudah sekali fokus kita teralihkan hanya karena notifikasi “Like” di Instagram, pesan baru di WhatsApp, hingga email marketing yang terkadang tidak relevan dengan kita.

Karena itu, fitur Focus Mode di Galaxy M31 penting untuk membantu konsentrasi. Sebelum mengerjakan tugas, nyalakan Focus Mode, pilih aplikasi yang memang penting dan hindari notifikasi mengganggu.

SPEK TINGGI, LEBIH OPTIMAL
IMG_2205

Smartphone dan laptop sama-sama menjadi perangkat penting bagi pelajar.

Kebutuhan berponsel remaja semakin meningkat. Multitasking, mengakses sosial media, menonton streaming, bermain video gim, membuka presentasi, hingga memotret dan membalas chatting, dilakukan bergantian setiap saat.

Karena itu, idealnya semakin tinggi spesifikasinya, semakin baik. Semakin cepat dan cekatan kita bermultitasking. Karena itu memori 6GB/128 GB dipadu Exynos 9611 Octa Core di Galaxy M31 adalah spesifikasi yang pas dan optimal. Secara fungsi, ponsel terasa lebih taktis. Sementara ruang di memori tidak cepat penuh untuk menyimpan dokumen, foto dan video.

LAYAR BESAR BIKIN NYAMAN
IMG_2218

Layar lebih besar selalu lebih nyaman. Terutama ketika menggantikan laptop dengan memakai keyboard bluetooth seperti ini. Foto-foto: Danang Arradian

Ukuran layar optimal saat ini memang di kisaran 6.4 inci. Tidak terlalu besar untuk digenggam. Tapi, memiliki ruang yang lega untuk menikmati dan menyerap konten pelajaran. Misalnya menonton streaming mata kuliah secara online atau membaca e-book dan jurnal. Apalagi, sudah memakai Super AMOLED yang terang dan tajam. Berat ponsel yang 191 gram pun relatif ringan untuk digenggam dalam waktu lama. Tipis pula bodinya yang hanya 8,9 mm. Melihat pertimbangan diatas, Gensindo rasa Galaxy M31 patut dipertimbangkan, karena fitur kaya yang ditawarkan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)