Pesona Terpesona dan Yel-yel yang Bikin Gembira

Sabtu, 23 Januari 2021 - 11:03 WIB
loading...
Pesona “Terpesona” dan Yel-yel yang Bikin Gembira
Yel-yel Terpesona punya gerakan atau koreografi yang menarik hingga membuatnya jadi viral. Foto/YouTube Bhayangkara 23
A A A
JAKARTA - Belakangan ini, media sosial diramaikan dengan tren yel-yel lagu "Terpesona" yang dipopulerkan oleh anggota Polri dan TNI.

Viralnya yel-yel "Terpesona" berawal dari pengguna aplikasi TikTok yang menirukan dan memparodikan gerakan para anggota Polri/TNI saat melakukan yel-yel Terpesona. Dari situ, makin banyak pengguna medis sosial dari Instagram dan Twitter yang ikut meramaikannya.

Yang paling menonjol dari yel-yel "Terpesona" memang gerakan atau koreografinya. Bentuknya memang bermacam-macam, tapi semuanya dilakukan dengan gerakan yang atraktif. Ada yang melakukannya dengan gerakan sikap tobat dengan posisi kepala berada di bawah, kaki dilebarkan dan tangan ditaruh di belakang.

Pesona “Terpesona” dan Yel-yel yang Bikin Gembira

Foto: tni.mil.id

Ada juga yang dengan gaya menghentakkan kaki dan bertepuk tangan, menirukan gerakan push up, hingga melakukan gerakan salto saking semangatnya.

Yel-yel "Terpesona" a la TNI/Polri sebenarnya adalah lagu lama yang dinyanyikan ulang dan diubah menjadi yel-yel. Faktanya, lagu tersebut pertama kali dipopulerkan oleh grup vokal bernama New Nazareth dengan judul lagu "Terpesona". Lagu ini diunggah lewat kanal YouTube Rolly Kampey pada Desember 2012.

Hasil Kreativitas

Menurut anggota Polri Korps Brimob Rino Permana, membuat yel-yel dengan gerakan-gerakan enerjik jadi hal yang biasa buat anggota Polri dan TNI. “Dari dulu juga sudah ada yang seperti itu, cuma enggak viral,” kata Rino.

Pesona “Terpesona” dan Yel-yel yang Bikin Gembira

Foto: Dok. Rino Permana

Diibaratkan sayur tanpa garam, rasanya hambar bila tidak ada yel-yel di dunia kemiliteran. Menurut KBBI, yel atau yel-yel adalah pekikan atau sorakan para pelajar (mahasiswa, anggota perkumpulan, dan sebagainya) untuk memberi dorongan semangat kepada regunya yang sedang bermain (bertanding dan sebagainya).

Baca Juga: 9 Teknologi yang Sering Dipakai Para Pemburu Hantu

Nah, pekikan atau sorakan di dunia militer ini dilakukan oleh para prajurit untuk memberikan semangat, motivasi, atau dorongan kepada regu/kelompok maupun satuannya yang sedang bertanding, bermain, berlomba, atau saat sebuah kegiatan atau acara tertentu. “Biasanya (yel-yel) sering (dilakukan) sama TNI-Polri, kan ada pelatihan atau dikjur (pendidikan kejuruan),” ujar Rino.

Pesona “Terpesona” dan Yel-yel yang Bikin Gembira

Foto:YouTube SPN Polda Metro Jaya

Dalam membuat yel-yel tersebut, menurut Rino tidak ada batasan atau kriteria khusus, tapi biasanya lagu yang dipakai memang punya nada, tempo, atau beat yang memberi atmosfer gembira, yang dapat mengobarkan semangat prajurit saat lelah menjalankan pendidikan atau saat bertugas. “Karena itu hiburan pasukan, itulah gunanya yel-yel,” sambung Rino.

Pembuatan yel-yel juga bisa bebas, mulai dari memakai kata-kata yang unik, lucu, aneh, ditambah gerakan yang terlihat gagah, sangar, atau ada juga gerakan yang kocak hasil kreativitas para prajurit.

Baca Juga: 15 Kata Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Seperti sebuah tradisi yang diturunkan secara turun-temurun, baik yel-yel TNI atau Polri yang ada hingga saat ini tidak jauh berbeda. Tapi ada juga yel-yel baru yang dibuat oleh mereka, dan kebanyakan yel-yel yang dibuat berasal dari lagu yang diubah liriknya, dan ditambah dengan karangan dan kreasi sendiri.

GenSINDO
Mega Siska Aryanti
Universitas Mercu Buana
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)