Lebih Gampang Belajar dari Pengalaman dengan Metode Gibbs' Reflective Cycle

Lebih Gampang Belajar dari Pengalaman dengan Metode Gibbs Reflective Cycle
Mencari pelajaran dari pengalaman yang kamu dapatkan bisa dilakukan dengan metode Gibbs Reflective Cycle. Foto/Getty Images
JAKARTA - Banyak orang yang mengalami berbagai peristiwa yang bisa menjadi pelajaran bagi hidupnya. Masalahnya. kalau kita tidak melakukan refleksi dari pengalaman tersebut, maka sesungguhnya kita tidak akan belajar apa pun dari pengalaman itu.

Nah, salah satu alat yang bisa dipakai untuk melakukan refleksi terhadap pengalaman dalam hidup kita adalah Gibbs' Reflective Cycle. Metode ini bisa membantu kita mengerti situasi dan kondisi yang terjadi sehingga kita bisa memahami hal yang sudah kita lakukan dengan baik dan hal masih perlu kita perbaiki lagi.

Asal-Usul Gibbs' Reflective Cycle

Gibbs' Reflective Cycle adalah sebuah sistem kerja (framework) yang ditulis oleh profesor Graham Gibbs dalam bukunya yang berjudul “Learning by Doing” pada tahun 1988. Sistem kerja ini bermanfaat untuk membantu kita belajar dari pengalaman pribadi, terutama jika pengalaman tersebut adalah pengalaman yang kurang baik.



Lebih Gampang Belajar dari Pengalaman dengan Metode Gibbs' Reflective Cycle

Graham Gibbs. Foto:bryanpenprase.org

Gimana cara menggunakan Gibbs' Reflective Cycle?

Gibbs' Reflective Cycle terdiri dari 6 tahapan. Sebelum memulai penjelasan tentang tahapan-tahapan ini, perlu diperhatikan bahwa metode ini bisa dipakai untuk merefleksikan sebuah pengalaman di dalam hidup, bukan keseluruhan kehidupan.



Tahap pertama: Deskripsi

Tahap awal dalam berefleksi menurut Gibbs' Reflective Cycle ini adalah mendeskripsikan situasi dan kondisi yang terjadi secara detail. Sebelum merefleksikan apa yang terjadi, kamu harus terlebih dahulu mengetahui dengan baik apa yang sebenarnya terjadi.

Kamu jangan melihat pengalaman yang terjadi sebagai satu potongan kejadian, tapi merangkai dan membingkainya dalam satu kesatuan cerita pengalaman utuh. Untuk melakukan tahap ini, kamu bisa memakai beberapa pertanyaan yang mencakup 5W+1H (What, Who, Where, When, Why + How).

Tahap kedua: Mengecek Perasaan

Tanyakan kepada dirimu, bagaimana perasaanmu saat menghadapi hal tersebut? Belajarlah untuk jujur kepada diri sendiri, jangan menghakimi dirimu dan jangan batasi atau larang dirimu untuk merasakan suatu emosi tertentu .

Lebih Gampang Belajar dari Pengalaman dengan Metode Gibbs' Reflective Cycle

Foto:Marc-Olivier Jodoin/Unsplash
halaman ke-1 dari 2
Share: