5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal

Kamis, 24 Desember 2020 - 20:00 WIB
loading...
5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal
Jadi people pleaser kadang membuat hidupmu susah, jadi kamu harus pandai menempatkannya sesuai konteks. Foto/Aziz Acharki, Unsplash
A A A
JAKARTA - People pleaser adalah orang yang selalu berhasrat menyenangkan orang lain. Seorang people pleaser percaya bahwa orang-orang hanya peduli padanya saat dirinya berguna.

People pleaser sering khawatir terhadap penolakan orang lain. Sekilas terdengar positif karena mereka tipe orang yang tak mau menyakiti perasaan orang lain, tapi menjadi seorang people pleaser tak selalu positif.

Justru secara psikologi , ini adalah kebiasaan yang buruk bagi diri sendiri. Masalahnya, seorang people pleaser menjadikan orang lain sebagai pusat dunia, karenanya mereka akan kesulitan menentukan arah hidup.

Meski begitu, menjadi people pleaser tetap bisa menguntungkan kalau dilakukan sesuai porsinya. Berikut tips untuk menjadi people pleaser yang ideal.

1. GUNAKAN UNTUK MEMBANGUN RELASI DAN KONEKSI YANG LUAS

5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal

Foto: Cottonbro/Pexels

Seorang people pleaser umumnya adalah orang yang supel dan disenangi banyak orang. Jika kamu adalah seorang people pleaser, maka gunakanlah keramahanmu untuk menjalin hubungan baik dengan banyak orang.

2. MEMUJI PADA WAKTU DAN KONTEKS YANG TEPAT

5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal

Foto: Fauxels/Pexels

Cobalah untuk melakukan sesuatu sesuai konteks dan porsinya. Jika kamu terlalu banyak memuji seseorang, belum tentu orang tersebut akan senang denganmu. Banyak orang justru akan melihatmu sebagai orang yang peres dan menganggap pendapatmu tak penting karena kebanyakan menyenangkan hati orang saja.

3. JAWAB JUJUR SAAT DIMINTAI TOLONG

5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal

Foto:Bui Nham Pong/Pexels

Saatorang lain memintamu untuk melakukan sesuatu, jangan selalu mengatakan “ya”. People pleaser umumnya tak enak menolak permintaan orang lain dan akibatnya malah 'menyiksa' dirinya sendiri berulang kali. Jadilah berani berkata jujur dan apa adanya. ( )

4. BANTU ORANG LAIN YANG BENAR-BENAR MENGALAMI KESULITAN

5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal

Foto: Ketut Subiyanto/Pexels

Seorang people pleaser sering dimanfaatkan dengan orang lain karena mereka cenderung sulit menolak jika dimintai bantuan. Jadilah lebih sadar dengan kebutuhan orang lain dan coba bedakan orang yang benar-benar membutuhkan bantuanmu atau orang yang hanya mau memanfaatkanmu saja.

5. JANGAN LUPA UNTUK MENYENANGKAN DIRI SENDIRI

5 Cara jadi People-Pleaser yang Ideal

Foto:Daniel H.Tong/Unsplash

Jangan cuma orang lain saja yang kamu bikin senang dan bahagia, tapi ingatlah untuk menyenangkan dirimu sendiri. Selain dengan melakukan self-care, kamu juga bisa menjadikan kebutuhan dirimu sebagai pertimbangan ketika harus memutuskan atau melakukan sesuatu. ( )

Nyayu Bela Aldia
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @nyayu_bela_aldia
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)