7 Hal Kepemimpinan Ini Bisa Dipelajari Dari Wanita

7 Hal Kepemimpinan Ini Bisa Dipelajari Dari Wanita
Perempuan tidak kalah kompeten dengan pria dalam hal menjadi pemimpin. Foto/Getty Images
JAKARTA - Dalam studi menunjukkan bakat kepemimpinan tidak dipengaruhi perbedaan gender .

Terlebih di era saat ini telah banyak seruan untuk meningkatan angka kepemimpinan perempuan agar mengatasi ketimpangan keterwakilannya di jajaran kekuasaan.

Sayangnya, seringkali solusi yang ditawarkan didasarkan padakeharusan bahwa perempuan harus meniru laki-laki.

Daripada mendorong perempuan untuk bertindak seperti pemimpin laki-laki yang banyak di antaranya tidak kompeten, tidak ada salahnya kaum Adammengadopsi beberapaperilaku kepemimpinan yang lebih efektif yang banyak ditemukan pada wanita.



Berikut beberapa pelajaran kepemimpinan penting yang dapat dipelajari pria dari wanita dikutip dari hbr.org.


1. JANGANAMBIL KESEMPATAN KALAU TIDAK ADA KEMAMPUAN

Tidak ada korelasi antara mengambil kesempatan dan menjadi baik dalam mengerjakan sesuatu, hal ini berlaku terutama untuk pria.

Karenanya opsi terbaik adalah tidak menjatuhkan pilihan pada mereka yang nekat mengambil kesempatan padahal tidak memiliki kemampuan yang sesuai.



Logikanya, kita akan mempromosikan seseorang karena kompetensinya bukanlantaran kepercayan diri yang dimiliki kandidat bersangkutan.

Apakah posisi tersebut sesuai dengan keahlian yang dia punya, rekam jejaknya, dan apakah didukung dengan kompetensi kepemimpinannya seperti intelegensi, keingintahuan, empati, integritas, dan kemampuan memimpin.

Tentunya segala kemampuan ini bisa dilihat dari evalusi berdasarkan assesment daripada hanya lewatwawancara kerja semata.

2. KETAHUI BATASAN KAMU

7 Hal Kepemimpinan Ini Bisa Dipelajari Dari Wanita

Foto: Getty Images

Antara keyakinan diri dengan kesadaran diri acapkali terjadi koflik batin. Misalnya, kesadaranmu untuk memahami kelemahan diri tidak sesuai dengan keyakinan dirimu yang begitu tinggi. Ini artinya angan-angan kamu terlalu tinggi.
halaman ke-1 dari 3
Share: