Biar Hidup Lebih Terarah, Yuk Mengenal Teori Hierarki Kebutuhan ala Maslow

Senin, 11 Mei 2020 - 18:00 WIB
loading...
A A A
Kebutuhan yang lebih rendah diwujudkan dalam bentuk perhatian, menghormati orang lain, reputasi, apresiasi, status, martabat, dan dominasi.

Sementara kebutuhan penghargaan yang lebih tinggi meliputi harga diri, kompetensi, prestasi, kemandirian, kebebasan, keyakinan, dan penguasaan.

Kalau kebutuhan pada tingkat ini gak bisa dicapai, maka akan mengakibatkan seseorang mengalami depresi, timbulnya rasa gak percaya diri, harga diri rendah, dan merasa gak berharga atau berguna.

Hal yang bisa dilakukan dengan mendekatkan diri dengan individu atau kelompok yang selalu memberikan apresiasi kepada dirimu. Mulailah dari lingkup lingkungan terdekat, seperti kedua orang tua, atau anggota keluarga lainnya, yang pada dasarnya lebih memahami dirimu sebenarnya.

5. KEBUTUHAN UNTUK AKTUALISASI DIRI

Biar Hidup Lebih Terarah, Yuk Mengenal Teori Hierarki Kebutuhan ala Maslow

Foto: Shutterstok

Aktualisasi diri (self-actualization needs) adalah kebutuhan untuk membuktikan dan menunjukkan diri kepada orang lain.

Untuk melakukan itu, kamu akan mengembangkan diri sendiri semaksimal mungkin untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

Tapi, gak banyak orang yang bisa mencapai tahap ini, karena kebanyakan dari mereka masih memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi.

Kebutuhan tingkat ini juga berbeda dengan kebutuhan – kebutuhan sebelumnya. Pada tingkatan ini, kamu gak lagi berhasrat pengen dihargai orang lain, maupun persahabatan atau cinta mereka. Hal terpenting pada tahap ini adalah membuktikan pada diri sendiri.

Bentuk aktualisasi diri bukanlah hal yang gampang untuk dicapai karena perlunya dukungan dari berbagai pihak. Apabila kebutuhan ini gak bisa dicapai, nantinya akan bikin gelisah, gak tenang, tegang, bahkan merasa harga diri kurang.

Menurut Maslow, kebutuhan ini menjadi hasrat yang memicu setiap individu untuk menggali potensi dalam diri dan mengembangkannya semaksimal mungkin, sehingga mampu menjadi pribadi yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri.

Dikutip dari brandadventureindonesia.com. Contoh yang sering digunakan adalah Vincent van Gogh, pelukis terkenal asal Belanda. Selama hidupnya, ia terkenal gak punya banyak teman dan hanya punya keinginan untuk melukis.

Banyak yang mengatakan bahwa dalam kasus ini, ia udah ada di tahap terakhir dari hierarki kebutuhan Maslow walaupun kebutuhan lainnya gak terpenuhi.

Tapi menurut Maslow, semuanya justru udah terpenuhi, makanya van Gogh bisa punya kebutuhan akan aktualisasi sendiri, yaitu mengembangkan dan menjual lukisan yang dia buat.

Kebutuhan yang dimiliki van Gogh udah terpenuhi karena menurutnya, untuk hidup cuma butuh kebutuhan dasar aja.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, semoga kehidupan kita dapat lebih terarah, ya,


Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @born2inform_
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)