alexametrics
Tips Agar Tak Terjebak Hedonisme
Tips Agar Tak Terjebak Hedonisme
Sesuatu yang berlebihan tidak akan baik, jadi yang biasa-biasa saja dalam menghabiskan uang kamu. Foto/studiomatthews.com
Jakarta - Terkadang, ada beberapa orang yang menghalalkan segala cara agar keinginannya terpenuhi. Mereka memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang sebetulnya tidak terlalu mereka butuhkan atau bahkan kondisi keuangan mereka tak memungkinkan untuk membelinya.

Nah, bagaimana caranya agar kita terhindar dari sikap ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Punya Skala Prioritas
Setiap orang memiliki skala prioritas yang berbeda. Pastikan yang kamu jadikan skala prioritas adalah sesuatu yang kamu butuhkan, bukan yang diinginkan. Kalau kebutuhan sudah terpenuhi, barulah kalau ada sisa uang bisa untuk membeli yang kamu inginkan.



Mahasiswa jurusan Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Restiana Nurfadila, punya cara untuk mencegah berlaku hedon. Yaitu mengingat dampak negatif yang bisa timbul kalau melakukannya. Lakukan hal tersebut secara rutin sebab akan membantu untuk menghindari gaya hidup hedonisme.

Pilih Lingkungan Pertemanan
Pepatah “kamu adalah siapa temanmu” memang terbukti di lingkungan pertemanan. Menurut psikolog, Rena Masri, pilihlah lingkungan pertemanan yang sesuai dengan kita, memiliki tujuan dan target hidup yang jelas, serta hidupnya tidak hanya untuk bersenang-senang.

Yang Penting Fungsional, Bukan Kemewahan
Selain membeli barang sesuai kebutuhan, kita pun sebaiknya memikirkan fungsinya. Sebagai contoh, Bella Riskyta Arinda, mahasiswi jurusan Teknik Geodesi, Universitas Diponegoro. Ia tidak malu memakai jam tangan seharga Rp25.000 sebab menurutnya, jam mahal pun fungsinya sama, yaitu sebagai penunjuk waktu.

Pertimbangkan Kualitas dan Harga
Tidak semua barang murah memiliki kualitas buruk ataupun sebaliknya. Di sini kita harus cermat dalam memilih barang yang akan dibeli. Sebab, jika ada barang murah dengan kualitas terjamin, kenapa, enggak?

Hindari Sifat Iri
Dengan berkembangnya teknologi, kita bisa melihat berbagai macam hal dari media sosial. Banyak orang yang mengunggah foto dirinya sedang berada di luar kota atau bahkan negeri, makan di restoran mewah, atau memakai barang-barang bermerek.

Tapi, tenang, guys, jangan iri dengan kemewahan hidup orang lain dan memaksakan diri untuk sama dengan mereka. Di atas langit masih ada langit, di bawah tanah masih ada tanah. Ada yang lebih beruntung dari kalian, ada pula yang lebih kesusahan. So, bersyukurlah!

Tri Ayu Lutfiani
Gen Sindo
Politeknik Negeri Jakarta



(her)
Redaksi SINDOnews
SINDOnews
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss