Anggota DPR Inggris Singgung Film 'Mulan' dan Muslim Uighur, Ini Jawaban Presiden Disney

Senin, 12 Oktober 2020 - 12:58 WIB
loading...
Anggota DPR Inggris Singgung Film Mulan dan Muslim Uighur, Ini Jawaban Presiden Disney
Film Mulan masih juga menuai kontroversi setelah anggota DPR Inggris mengkritik film tersebut. Foto/alt Disney Studios Motion Pictures
A A A
LONDON - Anggota DPR Inggris (The Parliament of the United Kingdom) Iain Duncan Smith mengkritik Disney dan film live action "Mulan" terkait ucapan terima kasih yang terpampang pada akhir film.

Ucapan terima kasih tersebut ditujukan kepada sederet otoritas pemerintahan di Xinjiang. Ini adalah provinsi yang pemerintahannya disebut telah melakukan pelanggaran HAM terhadap lebih dari satu juta muslim Uighur yang tinggal di sana. ( )

Lewat surat elektronik berlogo Walt Disney tertanggal 7 Oktober, President of Walt Disney Studios Motion Picture Production Sean Bailey pun menjawab kritikan Iain.

Anggota DPR Inggris Singgung Film 'Mulan' dan Muslim Uighur, Ini Jawaban Presiden Disney


Anggota DPR Inggris Singgung Film 'Mulan' dan Muslim Uighur, Ini Jawaban Presiden Disney

Foto-foto: Twitter @MPlainDS

Disney membela diri, bahwa ucapan terima kasih itu adalah sebuah standar dalam industri film.

Ucapan terima kasih diberikan karena pihak-pihak tersebut memberi izin dan bantuan kerja sama sesuai dengan peraturan pemerintah setempat.

Disney menyebut, untuk melakukan syuting di China , pihak asing tidak dibolehkan beroperasi secara mandiri, melainkan harus bekerja sama dengan rumah produksi setempat, dalam hal ini Beijing Shadow Times.

Disney juga menyebut bahwa syuting di Xinjiang adalah bagian dari keinginan menampilkan gambaran autentik geografi dan lanskap China pada masa itu.

Anggota DPR Inggris Singgung Film 'Mulan' dan Muslim Uighur, Ini Jawaban Presiden Disney

Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Dalam surat pernyataan tersebut, Disney juga menekankan bahwa scene di Xinjiang cuma empat hari, waktu yang singkat dibanding syuting 143 hari di Selandia Baru.

Scene gurun di Xinjiang juga cuma muncul 78 detik dari durasi film yang sepanjang 1 jam 55 menit. ( )

Meski begitu, penjelasan Disney rupanya gak memuaskan Iain. Dalam cuitannya yang juga menyertakan surat balasan dari Disney, Iain menyebut argumentasi Disney "sangat lemah dan penuh basa-basi".

"Kebijakan Disney tidak memedulikan isu hak asasi manusia yang menimpa Uighur. Kelihatannya isu HAM masih kalah dari kebijakan Disney untuk tidak mengecewakan China," tulis politikus berusia 66 tahun itu di akun Twitter-nya, @MPlainDS.

Anggota DPR Inggris Singgung Film 'Mulan' dan Muslim Uighur, Ini Jawaban Presiden Disney

Foto: Twitter @MPlainDS

Iain mengirim surat kritiknya tersebut pada Juni 2020, sebagai salah satu ketua UK Inter-Parliamentary Alliance on China (Aliansi Antarparlemen Inggris untuk China).

Aliansi ini didirikan untuk memberikan tanggapan terkoordinasi negara-negara demokratis terhadap "perilaku dan ambisi masa depan RRC."

Mengutip Variety, ada delapan departemen dalam pemerintahan China yang masuk dalam ucapan terima kasih dalam credit title film "Mulan".

Departemen-departemen tersebut dikatakan punya hubungan langsung dengan genosida kepada muslim Uighur, termasuk Turpan Bureau of Public Security.

Departemen tersebut pada Oktober 2019 mendapat sanksi dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat karena terlibat dalam pelanggaran HAM, penahanan massal secara sewenang-wenang, dan pengawasan teknologi tinggi terhadap suku Uighur, suku Kazakh, dan anggota kelompok minoritas muslim lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2806 seconds (0.1#10.140)