10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir

Senin, 09 Oktober 2023 - 19:02 WIB
loading...
10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir
Dalam 4 tahun terakhir, Disney jarang mengukuhkan angka besar di box office. Bahkan, dalam 7 tahun terakhir, film terlaris mereka berasal dari era sebelum 2020. (Foto: Spokesman Review)
A A A
Disney dikenal sebagai studio yang selalu merilis film-film blockbuster yang laku keras di box office. Tapi, selama pandemi, keajaiban itu seolah memudar. Dalam tiga tahun terakhir, tidak banyak film Disney yang tampil menggebrak dari segi pendapatan.

Selama masa dan pascapandemi, baru satu film Disney yang meraup pendapatan di atas USD1 miliar. Padahal, tahun-tahun sebelumnya, film-film produksi House of Mouse ini bisa dengan mudah menorehkan catatan mengesankan di box office. Ini menimbulkan pertanyaan terkait kualitas dan masa depan film Disney.

Tahun ini, Disney masih menyisakan dua film yang belum dirilis. Tapi, keraguan sudah menyelimuti karena penampilan film lain sebelumnya. Meski begitu, masih ada harapan kalau studio ini bakal mampu mengembalikan kondisi mereka. Terlebih, kalau melihat catatan mereka sebelum masa pandemi. Apa saja film Disney paling laris selama 7 tahun terakhir? Simak daftarnya berikut!

*) Semua film di daftar ini bisa kalian tonton di Disney+ Hotstar.



10. Captain Marvel — 2019

10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Vanity Fair

Sentimen terhadap pemeran Carol Danvers/Captain Marvel, Brie Larson, tidak terbukti berpengaruh pada film solo pertama karakter tesebut. Film itu meraup USD1,13 miliar dengan sekitar USD704 juta berasal dari pasar luar negeri. Ini membuktikan kalau penggemar Captain Marvel di pasar internasional tidak peduli dengan sentimen yang terjadi Amerika Serikat.

Captain Marvel mendapatkan rating lumayan tinggi dari kritikus. Tapi, film itu mendapatkan rating rendah dari audiens. Tahun ini, sekuelnya, The Marvels, dirilis. Namun, kalau melihat tren pendapatan film Marvel Cinematic Universe (MCU) akhir-akhir ini, harapan untuk mengulangi rekor di box office ini sepertinya tipis.

9. Incredibles 2 — 2018

10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Disney Movies

Incredibles 2 adalah sekuel yang sudah lama dinantikan. Film ini dirilis sekitar 14 tahun setelah film pertamanya dirilis. Untungnya, hasilnya pun tidak mengecewakan. Film itu meraup USD1,24 miliar dari anggaran USD200 juta.

Film ini berkisah tentang Mr. Incredibles yang harus menjadi bapak rumah tangga setelah istrinya, Elastigirl, disewa untuk melawan kejahatan. Setiap hari, Mr. Incredibles harus menghadapi tiga anaknya yang bandel-bandel selain harus mengurusi pekerjaan rumah tangga. Kehadiran penjahat siber, Screenslayer, menambah masalahnya.

8. Beauty and the Beast — 2017

10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: D23

Beauty and the Beast adalah salah satu remake Disney yang paling hype dan gencar promonya. Dibintangi Emma Watson dan Dan Stevens, orang pun dibuat penasaran dengan seperti apa perwujudan remake live action dari kartun klasik Disney itu. Dibantu teknologi canggih dan penampilan para aktornya, film ini tidak mengecewakan.

Beauty and the Beast meraup USD1,26 di box office dan menjadi remake terlaris kedua di Disney. Film itu menjadi pintu bagi para penonton baru untuk menikmati dongeng kisah cinta klasik tersebut dengan tampilan yang lebih modern. Meski begitu, versi aslinya pun tidak kalah menarik.

7. Star Wars: Episode VIII – The Last Jedi — 2017

10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Vox

Sementara kontroversial secara kritis, Star Wars: The Last Jedi jelas merupakan kesuksesan besar di box office. Film itu meraup USD1,33 miliar dan menjadi film kedua terlaris franchise Star Wars tanpa disesuaikan inflasi. The Last Jedi disukai kritikus, tapi dibenci penggemarnya.

Harus diingat kalau penggemar Star Wars adalah salah satu fandom paling toksik di dunia. Mereka selalu tidak puas dengan film terbaru franchise itu dan banyak menuntut. Pendapat mereka bukanlah justifikasi kalau setiap film Star Wars itu jelek. Buktinya, tidak ada film Star Wars baru yang meraup pendapatan di bawah USD1 miliar. Penonton kasual sepertinya menjadi salah satu penyumbang terbesarnya.

6. Black Panther — 2018

10 Film Disney Paling Laku di Bioskop dalam 7 Tahun Terakhir

Foto: Vox

Black Panther menjadi bukti kalau karakter superhero baru pun bisa langsung melejit di tengah penggemar. Di film ini, MCU mengeksplorasi lebih lanjut tentang sosok T’Challa alias Black Panther dan negara asalnya, Wakanda. Black Panther kali pertama diperkenalkan di MCU lewat Captain America: Civil War pada 2016.

Film ini adalah film pertama MCU yang disutradarai orang kulit hitam dengan 90% pemerannya juga berkulit hitam. Pendekatan budaya disertai cerita yang menarik dengan drama penuh emosi membuat penonton penasaran dan akhirnya menonton film ini. Black Panther meraup USD1,34 di box office.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)