Review Film Wish: Terlalu Simpel dan Klise untuk Animasi Disney

Rabu, 22 November 2023 - 18:18 WIB
loading...
Review Film Wish: Terlalu Simpel dan Klise untuk Animasi Disney
Wish tidak menawarkan sesuatu yang benar-benar fresh sebagai film Disney selain art yang berbeda. Karakter dan alur ceritanya biasa dan bahkan kurang emosional. (Foto: Disney Australia)
A A A
Wish digadang-gadang menjadi salah satu karya terbaik Disney untuk perayaan 100 tahun studio film legendaris itu. Film ini bertema tentang manusia yang ingin mewujudkan impian mereka. Alih-alih berusaha mewujudkan impian itu sendiri, mereka menitipkan keinginan itu kepada orang lain.

Selama ini, Disney dikenal jago dalam meramu cerita film animasi. Terlebih, dengan karakter utama cewek muda yang ingin membuat perubahan. Film-film semacam Moana, Raya and the Last Dragon sampai Encanto memberikan napas segar dalam karakter dan juga cerita yang disampaikan.

Wish juga berusaha memberikan sesuatu yang baru kepada penonton. Film ini menampilkan karakter utama seorang cewek Asia Latin. Budaya Semenanjung Iberia menjadi inspirasi untuk latar budaya, cara berpakaian, dan bahasa yang mereka pakai.



Protagonisnya, Asha, adalah seorang cewek berusia 17 tahun yang sangat rajin dan mencintai tanah airnya, Rosas. Kerajaan itu dipimpin seorang raja tampan bernama Magnifico. Dia adalah penyihir yang sangat hebat dan memimpin kerajaannya itu dengan bijak.
Review Film Wish: Terlalu Simpel dan Klise untuk Animasi Disney

Foto: Variety

Rosas menjadi tujuan orang yang punya impian. Setiap bulan, orang yang usianya 18 tahun bisa mengucapkan keinginannya dan keinginan itu akan disimpan raja. Mereka yang terpilih akan dikabulkan keinginan mereka. Tak pelak, rakyat pun sangat menyanjung-nyanjung rajanya.

Namun, itu semua hanyalah topeng. Sang raja tak sebijak perkiraan orang. Asha yang tahu berusaha memberontak dengan bantuan bintang ajaib. Tapi, dia malah difitnah dan diburu seperti seorang buronan. Dia dan keluarganya dipaksa lari.

Wish punya pesan moral yang kuat terkait kepercayaan pada diri sendiri dan orang lain. Keinginan seharusnya menjadi sebuah motivasi untuk terus maju, bukan sesuatu untuk diberikan orang lain dan terlupakan. Orang juga tidak bisa mengandalkan orang lain untuk mewujudkan keinginan tersebut.
Review Film Wish: Terlalu Simpel dan Klise untuk Animasi Disney

Foto: Entertainment Weekly

Pesan ini memang kuat. Namun, Wish terlalu sederhana untuk mengungkapkan pesan tersebut lewat ceritanya. Film ini punya banyak karakter, tapi terasa seolah-olah menyia-nyiakan karakter selain Asha. Teman-teman Asha tak tereksplorasi dengan baik deskripsinya dan bahkan ada yang seharusnya sangat membantu, tapi, tidak dimanfaatkan dengan baik.

Magnifico sebagai antagonis utama film ini lebih terasa seperti Doctor Strange sedang menggunakan Batu Waktu dari Mata Agamoto. Skema warnanya mirip. Meskipun, Chris Pine tampil baik sebagai Magnifico yang punya dua kepribadian di film ini.

Asha sebagai tokoh utama tampil mirip seperti sebagian besar protagonis cewek di film animasi Disney. Dia baik hati, peduli sesama, bersemangat tinggi, sayang keluarga, dan punya motivasi mulia. Dia juga cerdas sehingga mampu membuat Magnifico tertarik untuk menjadikannya murid. Singkatnya, dia terasa klise sebagai protagonis.
Review Film Wish: Terlalu Simpel dan Klise untuk Animasi Disney

Foto: Disney Australia

Kambing peliharaan Asha, Valentino, mencuri perhatian di film ini. Dia kocak, cerewet, dan menjadi sumber humor di film ini. Tanpa Valentino, Wish bakalan terasa hambar. Selain Valentino, Gabi yang selalu pesimistis dan galak juga bakal menarik perhatian dengan sikapnya yang berbeda dari teman-teman lainnya.

Wish terlalu simpel dan terasa klise tanpa sesuatu yang benar-benar segar untuk ditawarkan. Film ini lebih mirip satu episode di serial What If…? MCU dengan Doctor Strange versi jahat yang ingin menguasai dunia. Namun, bagi anak-anak, film ini tentu menarik karena humor dan juga karakternya yang menyenangkan.

Untuk film yang disiapkan sebagai bagian dari perayaan 100 tahun Disney, Wish bukanlah keinginan yang diharapkan penonton. Film ini kurang grande dalam emosinya. Visual dan desain art-nya memang bagus dengan warna dan garisnya yang terasa berbeda, tapi, kedalaman emosi seperti kekhasan film animasi Disney, minim sekali. Film ini terlalu berfokus pada usaha Asha mempecundangi Magnifico.



Wish tidak menawarkan sesuatu yang benar-benar fresh sebagai sebuah film Disney selain art-nya yang berbeda. Film ini tetap punya banyak lagu dan komedi seperti lainnya. Tapi, dari karakter dan alur ceritanya, semuanya terasa biasa saja dan bahkan kurang emosional seperti yang sudah-sudah.

Wish mulai tayang di bioskop seluruh Indonesia pada hari ini, Rabu (22/11). Film ini berdurasi 1 jam 35 menit untuk semua umur. Selamat menyaksikan!

(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)