Psikologi

Memaafkan atau Balas Dendam, Mana yang Bikin Lebih Lega?

Memaafkan atau Balas Dendam, Mana yang Bikin Lebih Lega?
Saat kita dikecewakan oleh orang lain, ada pilihan untuk bertindak, yaitu memaafkan atau membalas perbuatannya. Foto/Unsplash
Jakarta - Dikecewakan atau dikhianati oleh orang yang kita percaya memang menyakitkan. Setelah rasa marah atau sedihberlalu, kita pun dihadapkan pada dua pilihan; mau memaafkan atau balas dendam?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Social Psychology, mengutip dari Psychology Today, menyimpulkan bahwa respons yang kita berikan saat mengalami hal tersebut adalah upaya untuk membuat kontrol kembali kepada diri kita.

Namun, respons seperti apa yang paling efektif saat berada dalam posisi tersebut? Apakah lebih baik memilih untuk memaafkan dengan serta merta melepas kemarahan atau kebencian dari kejadian itu, atau justru memberikan pelajaran yang setimpal agar orang tersebut menyadari kesalahannya?

Penelitian ini juga mengemukakan, respons yang diberikan bergantung pada sifat pelanggaran atau niat pelaku dalam melakukan hal tersebut. (Baca Juga:9 Manfaat Negative Thinking yang Justru Bisa Selamatkan Hidup Kamu)



Memaafkan atau Balas Dendam, Mana yang Bikin Lebih Lega?

Foto: Unsplash

Balas Dendam

Beberapa responden dalam penelitian lebih membayangkan untuk balas dendam kalau pelaku memang berniat jahat menyakiti mereka. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pembelaan diri.



Bentuk balas dendam ini juga akan dilakukan sama dengan yang dialami oleh korban. Misalnya, kalau kamu dipermalukan oleh teman saat sedang kumpul bareng, maka kamu juga akan membalas dengan melakukan hal serupa.
halaman ke-1 dari 3
Artikel Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...

    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel dalam bentuk word dengan panjang tulisan minimum 4000 karakter.

    Sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.

    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke :

    gensindo[dot]mail[at]gmail[dot]com
Terpopuler
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss