Cara Menerawang Kepribadian Orang dari Pilihan Kata di Media Sosialnya

Cara Menerawang Kepribadian Orang dari Pilihan Kata di Media Sosialnya
Media sosial seseorang bisa cukup menggambarkan kepribadian orang tersebut. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar profil media sosial seseorang mencerminkan kepribadian aktual orang tersebut, bukan versi ideal dari diri mereka sendiri.

Hasil penelitian tersebut diambil dari Sage Journals yang berjudul "A Review of Facebook Research in the Social Sciences".

Mengutip dari Psychology Today, dari sejumlah besar penelitian tentang penggunaan media sosial dan kepribadian , ada lima model kepribadian yang sering dipakai dalam ilmu psikologi, yaitu Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Openness, dan Neuroticism.

Dalam studinya berjudul "Personality and Patterns of Facebook Usage" Bachrach dan koleganya menemukan bahwa mereka bisa memprediksi tingkat ekstraversi, keterbukaan, dan kesadaran pengguna media sosial dengan melihat beberapa hal dari media sosial seseorang.

Mulai dari fitur profil dasar, jumlah "suka", jumlah teman, atau jumlah pembaruan status, jumlah tulisan yang dibuat dalam postingan tertentu, jenis kata-kata yang digunakan, frekuensi penggunaan media sosial, hingga konten yang sering disebarkan.

Sementara studi "Journal of Personality and Social Psychology Automatic Personality Assessment Through Social Media Language" pada 2014, para peneliti memakai algoritma komputer untuk menentukan kata-kata yang secara unik terkait dengan ciri-ciri kepribadian yang berbeda.

Nah, mengacu dari beberapa penelitian tersebut, tiap model kepribadian dan aktivitas media sosialnya bisa dirangkum seperti berikut ini. (Baca Juga: Mengenal Modelling Theory, Sains di balik Endorsement )

1. EXTRAVERSION

Cara Menerawang Kepribadian Orang dari Pilihan Kata di Media Sosialnya

Foto: Afta Putta Gunawan/Pexels

Mengutip dari labpsipol.psikologi.ui.ac.id, Extraversion mengacu pada orang yang punya kemampuan bersosialisasi dan merasa diberi energi oleh interaksi dengan orang lain. Kita biasa mengenalnya sebagai orang yang ekstrover.

Orang yang punya ekstraksi tinggi umumnya memakai kata-kata "cinta", "malam", dan "pesta" yang mencerminkan aktivitas atau hubungan sosial.

Sebaliknya, mereka yang punya tingkat ekstraversi rendah cenderung memakai kata "komputer", "Saya", dan "Saya tidak", yang mencerminkan fokus yang lebih besar pada diri sendiri daripada orang lain.

2. CONSCIENTIOUSNESS

Cara Menerawang Kepribadian Orang dari Pilihan Kata di Media Sosialnya

Foto: goodtherapy.org

Conscientiousness berarti orang yang punya kepribadian praktis, teratur, dan pekerja keras. Mereka adalah orang teliti, berhati-hati, dan menurut sebagian besar metrik, mereka jarang main media sosial dibanding rekan mereka yang kurang teliti.

Saat main media sosial, mereka cenderung berbicara tentang pekerjaan dan keluarga. Mereka cenderung memakai kata "keluarga", "minggu", dan "akhir pekan." Pilihan kata ini menunjukkan kecenderungan mereka untuk merencanakan dan berfokus pada tanggung jawab keluarga.

Orang dengan kesadaran rendah lebih cenderung menggunakan kata-kata umpatan, dan menunjukkan kurangnya kehati-hatian dalam postingan mereka.


3. AGREEABLENESS


Cara Menerawang Kepribadian Orang dari Pilihan Kata di Media Sosialnya

Foto: Getty Images

Orang tipe ini punya kepribadian yang hangat, bisa bekerja sama, dan punya keinginan untuk bergaul dengan orang lain. Mereka ramah dan cenderung mem-posting lebih banyak foto.
halaman ke-1
Share: