20 Bahasa Gaul di TikTok, dari Rizz, L/W, sampai Mentil

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 20:29 WIB
loading...
20 Bahasa Gaul di TikTok,...
Bahasa gaul di TikTok sangat banyak, di antaranya yang terbaru ada Rizz, L/W, dan mentil. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Bahasa gaul di TikTok terus muncul dan diperbarui dengan cepat. Bahasa gaul ini biasanya digunakan sebagai cara untuk mengekspresikan sebuah peristiwa maupun sekadar memberi tanggapan.

TikTok jadi salah satu platform media sosial yang sering digunakan oleh remaja hingga orang dewasa. Di TikTok berbagai informasi tersajikan mulai dari konten profesional hingga konten untuk konsumsi pribadi.

Oleh karena itu, pengguna TikTok biasanya cukup update dengan beberapa istilah-istilah baru. Supaya kamu tidak bingung dengan berbagai istilah yang muncul, berikut ini arti beberapa bahasa gaul yang sering muncul di TikTok.


20 Bahasa Gaul di TikTok


1. FOMO


Fomo adalah singkatan dari fear of missing out, yang menggambarkan kondisi seseorang yang tidak ingin merasa tertinggal akan suatu tren atau informasi terbaru, terutama yang beredar di media sosial. Ini membuatnya terus menerus melakukan scrolling timeline agar tidak tertinggal.

2. FYP


FYP adalah kepanjangan dari For Your Page. FYP adalah laman pertama kali yang dilihat oleh pengguna ketika membuka aplikasi TikTok.

FYP biasanya dikejar oleh kalangan kreator konten TikTok karena ketika videonya masuk dalam kategori FYP, maka secara tidak langsung video mereka biasanya akan mendapat viewer dan like yang lebih banyak.

3. Rizz


Rizz adalah sebuah kata yang diambil dari kata “charisma” atau karisma. Rizz memiliki arti pesona yang dimiliki seseorang untuk membuat orang lain tertarik. Biasanya, istilah Rizz digunakan untuk seseorang yang jago flirting atau menggoda.

4. Spill the Tea


Spill the tea biasanya digunakan ketika ada suatu peristiwa atau gosip terbaru yang sedang trending, lalu para viewer meminta untuk diberikan informasi lebih lanjut atau diceritakan keseluruhan gosip yang ada.

5. YGY


YGY adalah kepanjang dari Ya Gaes Ya. Biasanya digunakan sebagai kata yang digunakan untuk meyakinkan seseorang ketika beradu argumen atau pendapat.

6. Uwu


Kata uwu biasanya digunakan untuk mengekspresikan rasa gemas seseorang terhadap lawan bicara. Uwu bisa diartikan sebagai ungkapan lucu, gemas, maupun bahagia.

7. Socmed Detox


Socmed detox atau detoks media sosial adalah istilah untuk sebuah kondisi saat seseorang sedang tidak menggunakan sosial medianya dalam jangka waktu tertentu. Hal ini biasanya dilakukan untuk menjernihkan pikiran dari rasa candu akan mengonsumsi konten dari media sosial.

8. TBL


TBL adalah singkatan dari Takut Banget Loh. Istilah ini sering digunakan untuk mengekspresikan ketakutan seseorang terhadap suatu hal.

9. L/W


L adalah kependekan dari loser, yang berarti pecundang atau sebuah kekalahan. Sedangkan W atau Win artinya adalah kemenangan. Jadi ini bisa diartikan menang atau kalah.

10. Glow Up


Glow up biasanya dapat diartikan ketika seseorang melakukan transformasi dan perubahan yang baik secara signifikan. Biasanya, istilah glow up digunakan untuk orang-orang yang memiliki perubahan secara fisik maupun kesehatan, dan tentunya ke arah yang positif.

11. Slay


Istilah slay biasanya digunakan untuk memuji suatu pencapaian seseorang yang dilakukan dengan sangat baik, keren, maupun memukau.

12. Mentil (Mental Illness)


Kata mentil adalah kependekan darimental illness, biasanya digunakan untuk seseorang yang memiliki gangguan jiwa.

13. Sus


Sus adalah kependekan dari suspect, yang artinya adalah ketika seseorang menaruh rasa curiga akan seseorang atau suatu peristiwa.

14. Skiber (Skip Berat)


Skiber atau skip berat adalah suatu istilah yang menunjukkan seseorang tidak ingin mengikuti aktivitas yang sedang dibahas.

15. Simp


Kata simp biasanya diartikan sebagai seseorang yang rela untuk melakukan apa saja untuk orang yang mereka sukai. Biasanya kata simp memiliki konotasi yang negatif atau kurang baik.

16. Gwencana (Gwaenchanha)


Secara arti gwencana yang sering dipakai ini diambil dari bahasa Korea gwaenchana yang berarti baik-baik saja. Biasanya kreator TikTok menggunakan istilah ini ketika mereka mengekspresikan situasi yang kurang baik atau sedih.

17. Gamon


Gamon atau gagal move on adalah sebuah istilah yang digunakan ketika seseorang belum berhasil melupakan pasangan sebelumnya.

18. Kalcer


Kalcer diambil dari bahasa Inggris yaitu culture. Cultureberarti budaya, dan ketika dibuat kata slang, kalcer berubah arti menjadi sebuah kebiasaan yang kemungkinan akan diikuti oleh banyak orang.

19. NGL


Istilah NGL memiliki kepanjangan Not Gonna Lie, yang bisa diartikan tidak akan berbohong.


20. Skena


Istilah skena biasanya identik dengan anak-anak musik. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yaitu scene yang berarti suatu kejadian.

Namun begitu, skena juga mempunyai arti lain yakni sebagai kependekan dari Sua, cengKErama, dan kelaNA yang berarti adanya kegiatan berkumpul dan bercengkerama.

Itulah 20 bahasa gaul yang sering digunakan di TikTok, semoga menambah wawasanmu dalam bermedsos, ya!

MG/Priscilla Waworuntu
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)