3 Tips Jitu Berkomunikasi agar Perkataanmu Didengarkan Orang Lain

Selasa, 18 Juni 2024 - 10:47 WIB
loading...
A A A
Namun untuk sebuah presentasi atau acara penting lainnya, seorang komunikator harus membuat perencanaan sebelumnya, karena tanpa hal itu percakapan bisa gagal bahkan sebelum semuanya dimulai.

Dengan begitu komunikator harus memiliki perencanaan atau gambaran yang akan terjadi pada saat berada di hadapan audiens. Hal ini seperti memprediksi yang akan terjadi beberapa waktu ke depan, dengan menganalisis segala kemungkinan yang terjadi dan menyiapkan jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berdasarkan uraian di atas komunikasi bukanlah bakat yang didapat seseorang sejak dirinya lahir. Namun komunikasi adalah serangkaian keterampilan yang dapat dilatih.

Salah satu yang terpenting saat berkomunikasi dengan orang lain adalah keaslian dari diri sendiri. Kamu tidak perlu menjadi seperti orang lain untuk bisa didengarkan oleh orang lain.

Komunikator harus menunjukan keasliannya yang autentik karena itu lebih efektif dibanding berusaha meniru orang lain. Untuk mencapai hal itu tentu diperlukan kepercayaan diri yang tinggi, dan hal ini dapat dilatih.

Dengan kesadaran dan penerapan teknik-teknik di atas, tentu siapa pun dapat menjadi seorang komunikator yang baik.

MG/Akbar Nugroho
(ita)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)
pixels