Tips Cepat Menghafal Wajah dan Nama dari Atlet Memori Yanjaa Wintersoul

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:00 WIB
loading...
Tips Cepat Menghafal Wajah dan Nama dari Atlet Memori Yanjaa Wintersoul
Yanjaa Wintersoul adalah atlet memori yang sanggup menghafal 328 halaman berisi 5000 produk. Foto/time.mn
A A A
JAKARTA - Kamu gampang lupa ulang tahun teman? Atau susah ingat nama jalan? Hal itu wajar karena manusia pasti punya keterbatasan mengingat. Tapi ternyata bisa dilatih, lho.

Hal ini dibuktikan oleh seorang atlet memori, public speaker, sekaligus penulis dunia berusia 26 tahun, Yanjaa Wintersoul.

Ia memenangkan medali emas untuk Swedia di World Memory Championships pada 2014. Pada 2015, ia juga mendapat rekor dunia untuk menghafal nama dan wajah dalam 15 menit.

Prestasinya yang terbaru adalah juara 3 World Memory Championship di Jakarta pada 2017 dan juara 1 di Japan Memory Championship pada 2018.

Dikutip dari NBC News, cewek berdarah campuran Swedia-Mongolia ini bilang kalo kemampuan mengingatnya didapatkan dari hasil latihan.

Yanjaa mulai berlatih saat ia masih berkuliah di Stockholm Business School dan berhasil lulus dalam waktu jangka waktu dua tahun aja. Awalnya, Yanjaa menemukan buku tentang teknik memori, dan ia memanfaatkan buku itu untuk belajar materi ujian.

Sejak itu, Yanjaa makin sering mengikuti lomba-lomba memori, dan namanya jadi viral saat ia disebut sebagai Human Catalog (Manusia Katalog) dari video IKEA pada 2017. Hebatnya adalah, ia bisa mengingat 328 halaman berisi 5.000 produk secara rinci!

“Kamu bisa coba membangun jembatan pengait antara hal yang sudah kamu ketahui sama sesuatu yang ingin kamu ketahui. Selain itu, kekuatan emosional dalam suatu hal bisa menguatkan memori kita”, ujar Yanjaa dalam salah satu wawancara.

Melansir dari Insider, berikut beberapa tips dari Yanjaa agar dapat meningkatkan daya ingat, terutama sebelum ujian.

Tips Cepat Menghafal Wajah dan Nama dari Atlet Memori Yanjaa Wintersoul

Foto: mullenmemory.com

1. GUNAKAN TEKNIK “MEMORY JOURNEY” (PETUALANGAN MEMORI)


Maksudnya adalah, ada lokasi imajinatif di dalam pikiran seseorang yang fungsinya untuk menyimpan gambar atau pengalaman tertentu.

Kamu bisa gunakan teknik ini saat mengingat dengan membuat imajinasi perjalanan pada lokasi di pikiranmu yang menyimpan gambar tertentu.

Artinya, bakal ada tempat spesifik yang memiliki susunan familier, misalnya tempat tidur, yang membuatmu lebih mudah mengingat.

Contohnya, kamu mau mengingat peta Indonesia. Kamu bisa mengingat posisi jam di atas dinding, seperti Jam Gadang di Sumatera Barat yang posisinya di atas.

Lalu buku novel sejarah Jawa di lemari bawahnya, mencirikan posisi pulau Jawa di bagian bawah.

2. KAITKAN DENGAN HAL YANG SUDAH DIKETAHUI

Menurut Yanjaa, salah satu kunci terpenting untuk mudah mengingat muka dan wajah adalah mengaitkan nama-nama dengan benda atau tempat yang lebih familier.

Contohnya, saat ia bertemu seseorang bernama Rose. Ia akan mengaitkan Rose dengan pertanyaan: Apakah parfumnya berbau seperti Rose (mawar)? Apakah ia terlihat mirip dengan Rose dalam karakter "Titanic"?

Tips Cepat Menghafal Wajah dan Nama dari Atlet Memori Yanjaa Wintersoul

Foto: businessinsider.com

3. PISAHKAN ATAU SIMPAN KE BEBERAPA BAGIAN

Yanjaa menyebutkan kalo banyak orang-orang yang memaksa menyimpan semuanya di kepala atau pikiran mereka. Padahal, ia sendiri mengaku bahwa ia sering menyimpan informasi atau tanggal penting di beberapa tempat agar lebih tersimpan rapi.

Misalnya taruh di kalender, notifikasi Google, atau pengingat lainnya yang mudah diliat. Nah, apalagi kita yang orang biasa. Harus sering-sering buat catatan, nih.

4. BICARA SENDIRI SEOLAH-OLAH BICARA SAMA TEMAN

Yanjaa merasa, berbicara sama diri sendiri dengan cara yang baik dan menyenangkan bisa jadi penguat diri. Bayangin aja kamu lagi ngomong sama temen, pasti bahasanya sopan, kan?

Jadi, dengan memotivasi dan meyakinkan diri sendiri kalo kamu bisa menghafal, otakmu akan terlatih dan lebih percaya diri. Ingat, mindset bisa membentuk perilaku, jadi berikan penghargaan pada dirimu, juga, ya.

Faqihah Muharroroh Itsnaini
Kontributor GenSINDO
Universitas Padjadjaran
Instagram: @kikyfaqiha
(it)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)