5 Cara Memulai Hidup Slow Living, Bikin Hidup Bahagia

Senin, 14 Agustus 2023 - 14:42 WIB
loading...
5 Cara Memulai Hidup Slow Living, Bikin Hidup Bahagia
Slow living adalah gaya hidup dengan mengatur ritme aktivitas sehari-hari agar lebih menikmati hidup. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Slow living sedang menjadi topik pembicaraan hangat di media sosial, terutama di kalangan anak muda yang penasaran dengan gaya hidup ini.

Banyak yang menduga bahwa slow living adalah alasan untuk bermalas-malasan. Padahal, slow living adalah ketika kita memutuskan untuk menjalani hidup penuh dengan kesadaran diri dan seimbang sehingga kita bisa merasakan kehidupan yang lebih bermakna.

Kehidupan yang selalu bergerak cepat terkadang membuat kita lupa untuk beristirahat dan mengapresiasi diri sendiri. Dengan menerapkan hidup slow living, kita berharap bisa lebih fokus dengan proses yang sedang kita jalani dan membantu kita merasa lebih bahagia.



Berikut ini lima cara memulai hidup slow living yang bisa kamu coba terapkan.

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri merupakan salah satu bentuk peduli dengan diri sendiri. Kamu bisa melakukannya dengan cara membaca buku atau membuat catatan jarian (jurnal), mengikuti proyek kreatif, dan mengeksplorasi pengalaman atau pengetahuan baru. Hal ini bisa membantu diri kamu untuk fokus pada diri sendiri.

2. Gerakkan Tubuhmu

Menghabiskan waktu di media sosial membuat kamu sering membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Maka dari itu, mulailah menggerakkan tubuhmu dengan memberikan hal yang dibutuhkannya. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti kelas yoga atau sekadar jalan santai saat pagi.

5 Cara Memulai Hidup Slow Living, Bikin Hidup Bahagia

Foto: Getty Images

3. Melakukan Detoksifikasi Media Sosial

Terlalu sering mengakses media sosial membuat kamu merasa cemas dan takut tertinggal ketika melihat pencapaian orang lain. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa coba dengan cara detoksifikasi media sosial seperti membatasi waktu bermain media sosial, mengaktifkan airplane mode ketika sedang menghabiskan waktu sendiri atau bersama teman, dan melakukan hobi atau hal yang kamu senangi. Hal ini bisa membantumu untuk menjalani hidup yang lebih tenang dan bahagia.

4. Nikmati Makanan secara Perlahan

Mencoba fokus untuk menikmati makanan tanpa gangguan ponsel dan mengunyahnya secara perlahan bisa membantu kamu untuk lebih menghargai hidangan makanan yang sudah tersedia di hadapanmu.


5. Kurangi Multitasking

Mengurangi multitasking bisa membantu kamu untuk fokus ke satukegiatansebelum pindah ke aktivitas selanjutnya. Hal ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas daripada mengerjakan banyak hal sekaligus.

MG/Shandya Pricilla
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)