9 Cara Merapikan Kamar yang Penuh dengan Barang

Sabtu, 15 Juli 2023 - 17:38 WIB
loading...
9 Cara Merapikan Kamar yang Penuh dengan Barang
Kamar tidur yang luasnya terbatas dengan banyak barang bisa diakali dengan pemilihan furnitur yang serbaguna. Foto/Cathie Hong
A A A
JAKARTA - Apakah kamu punya banyak barang hingga kamar tidurmu terasa sempit dan terlihat berantakan? Jika iya, sudah saatnya kamu menerapkan tips berikut ini.

Kamar tidur adalah ruangan yang paling penting di dalam rumah. Di ruang inilah kita beristirahat dan memulihkan energi setelah seharian beraktivitas. Jadi sangat penting bagi kita untuk menciptakan suasana yang nyaman dan rapi di dalamnya.

Namun sering kali hal ini sulit dilakukan jika kita memiliki banyak barang di dalamnya. Ini terutama menjadi masalah bagi anak kos yang ruangannya terbatas.



Nah, berikut ini sembilan tips merapikan kamar yang penuh dengan barang, mengutip dari Homes and Gardens.

1. Bayangkan Tempat yang Rapi dan Tenang


Menurut pendiri House of Prim Meredith Goforth, hal pertama yang harus dilakukan sebelum benar-benar merapikan kamar adalah dengan membayangkan tempat tersebut rapi dan tenang. Tidak perlu terburu-buru merapikan, tapi pikirkanlah dulu apa yang kamu ingin rasakan saat masuk ke ruangan itu, apa yang nantinya akan kamu lakukan untuk desain ruangannya.

2. Pindahkan Hal-hal yang Seharusnya Tidak Ada di Dalam Kamar Tidur


Salah satu masalah yang sering terjadi adalah di dalam kamar tidur terdapat banyak benda-benda yang seharusnya tidak ada di kamar tidur. Hal ini dipercaya tidak akan membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dengan memindahkan barang-barang yang seharusnya tidak bertempat di kamar tidur, kamar kalian tidak akan menjadi tempat serbaguna.

3. Pisahkan Barang-Barang Menjadi "Simpan", "Sumbang", atau "Buang"


Akan sangat baik jika kamu memisahkan barang-barang menjadi tiga kategori, yaitu Simpan, Sumbang, dan Buang. Ini akan membantu kamu melihat daya pakai barang-barang dalam jangka panjang.

Tentu saja ada barang-barang yang tidak bisa semudah itu kamu lepaskan. Maka dari itu, kamu bisa kelompokkan barang-barang itu ke tumpukan dengan kategori “Mungkin”. Setelah itu, pikirkan lagi apa yang ingin dilakukan terhadap barang-barang "Mungkin" itu.

4. Rapikan Tumpukan Barang "Simpan"


Langkah ini sangat berguna karena kalian bisa menemukan barang-barang yang mirip dengan fungsi yang sama sehingga kamu hanya membutuhkan satu dari barang tersebut. Ini akan menguntungkan juga karena kamu bisa menemukan barang yang jarang sekali kamu gunakan dan memindahkannya ke dalam kategori Sumbang atau Buang.

9 Cara Merapikan Kamar yang Penuh dengan Barang

Foto: Housing

5. Beri Tempat Khusus untuk Semua Barang yang Kamu Simpan


Setelah semua barang terkendali dan kamu mengetahui apa yang harus dipajang atau disimpan dalam lemari, langkah selanjutnya adalah mencari tempat untuk barang-barang itu. Contohnya, kamu bisa menaruh perhiasan di kotak perhiasan alih-alih menaruhnya sembarangan di meja.

6. Masukkan ke Dalam Kotak Khusus


Salah satu cara untuk mengatur kamar adalah dengan memasukkan barang-barang berdasarkan kategori tertentu ke dalam kotak khusus. Misalnya adalah kotak khusus untuk menaruh jilbab, menaruh barang-barang nostalgia, dan lainnya.

7. Rapikan Tempat Tidur


Kerapian tempat tidur menunjang kenyamanan kamu selama di kamar tidur. Pilihlah hiasan tempat tidur yang memiliki warna netral dan carilah bantal dan selimut yang halus dan nyaman untuk digunakan.

8. Rapikan Meja atau Area di Samping Tempat Tidur


Kalau kamu punya meja atau area untuk menaruh kacamata, ponsel, atau buku di samping tempat tidur, maka bagian ini juga harus rapi. Jika memungkinkan, taruh juga di area penyimpanan yang rapi, misalnya di dalam laci di samping tempat tidur.


9. Pertimbangkan untuk Menggunakan Barang Multifungsi


Kalau kamarmu kecil, sangat direkomendasikan untuk membeli furnitur yang memiliki lebih dari satu fungsi. Barang ini tidak akan memakan tempat karena fungsinya yang banyak sehingga kamu pun tidak akan memakan banyak tempat.

MG/Thesalonika Alvina
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)