11 Bahasa Gaul Gen Z yang Sering Dipakai di Medsos

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:08 WIB
loading...
11 Bahasa Gaul Gen Z yang Sering Dipakai di Medsos
Bahasa gaul yang diciptakan Gen Z sangat beragam dan unik di media sosial. Foto/Spectrum
A A A
JAKARTA - Selalu ada bahasa gaul terbaru yang bermunculan di media sosial, seperti di Twitter, Instagram, dan TikTok. Bahasa ini umumnya dibuat oleh anak-anak muda Gen Z.

Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an, memang jagonya membuat bahasa atau istilah baru atau singkatan unik untuk digunakan di media sosial. Bahasa ini sekaligus merefleksikan dinamika budaya, kehidupan sosial, dan interaksidi dunia maya yang khas generasi muda.

Berikut ini 11 bahasa gaul yang kini kerap dipakai Gen Z.


1. Cegil


Cegil adalah singkatan dari "cewek gila". Meski awalnya dipakai untuk konotasi negatif, tapi belakangan kata gaul ini juga kerap dipakai sebagai bahan lelucon atau bercanda untuk menggambarkan perempuan yang perilakunya tak sesuai norma umum masyarakat. Contohnya: "Aktris ini hobinya perankan karakter cegil".

2. Clingy


Clingy diambil dari bahasa Inggris yang artinya "tidak bisa/susah lepas", terutama dalam hal ini dari pasangannya. Contohnya: "Clingy banget, sih, lo".

3. Flexing


Ini juga diambil dari bahasa Inggris. Artinya "pamer/memamerkan". Contohnya: "Dia kebanyakan flexing".

4. Ghosting


Kembali dari bahasa Inggris, yang artinya "tiba-tiba hilang, tidak melanjutkan interaksi". Istilah ini umumnya dipakai untuk urusan percintaan, tapi kini juga dipakai untuk situasi non-asmara. Contoh: "Gue di-ghosting klien kemarin".

5. Healing


Healing mengacu pada arti "melepas stres dengan melakukan aktivitas tertentu". Contohnya: "Healing dulu ke Bali".

6. Picky


Ini juga diadaptasi dari bahasa Inggris, yang artinya "Terlalu banyak memilih". Contoh: "Lo jangan terlalu picky,sih, kata gue".

11 Bahasa Gaul Gen Z yang Sering Dipakai di Medsos

Foto: iStock

7. Red Flag


Frasa ini dipakai untuk menggambarkan seseorang atau sesuatu yang tidak baik, bahaya, atau negatif. Contoh: "Dia red flag banget".

8. Green Flag


Kebalikan dari red flag, grenn flag mengacu pada segala yang baik dan positif. Contoh: "Deketin orang yang green flag lah sekali-kali".

9. Beige Flag


Yang ini berarti "tidak baik dan tidak buruk". Contoh: "Anak ini masuk kategorinya beige flag, sih".

10. Gamon


Ini singkatan dari "gagal move on". Contoh: "Gue gamon banget sama konser kemaren".


11. Salty


Kata dari bahasa Inggris ini dipakai untuk menyebut seseorang atau pernyataan yang isinya menunjukkan rasa ketidaksukaan terhadap suatu hal secara implisit, atau sebuah sindiran. Contoh: "Salty banget sih jadi orang".


MG/Thesalonika Alvina
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)