12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 17:45 WIB
Foto:Eaters Collective/Unsplash

Memang kamu bebas menentukan seberapa sering dirimu mengunggah sesuatu dan hal yang kamu bagikan. Tetapi, kamu tetap harus bijak dalam menentukan hal yang sebaiknya kamu bahas dan diskusikan di media sosial.

10. Perbedaan Pendapat di Media Sosial itu Wajar



Foto: Alex Green/Pexels

Punya opini yang kuat tentang sesuatu dan ingin mengekspresikannya adalah hal yang wajar. Namun, kamu juga harus menyadari bahwa tak semua orang punya pendapat yang sama denganmu. Jadi, kamu tak perlu langsung marah bila pendapatmu disanggah orang lain, selama pendapat orang lain tersebut disertai argumen kuat atau kritik membangun.

11. Kalau Kamu Tak Punya Hal Baik untuk Dikatakan, Jangan Katakan Apa pun



Foto: Cottonbro/Pexels

Sering kali kita merasa kesal dengan unggahan atau komentar orang-orang tertentu yang membuat kita ingin membalasnya. Nah, kalau kamu ingin berkomentar, tetaplah memberi opini yang membangun alih-alih ikut mengatakan hal yang sama buruknya.

12. Banyaknya Like atau Follower Tidak Menentukan Nilai Dirimu



Foto:Andre Moura/Pexels

Kalau kamu cuma punya sedikit follower dan tak mendapat banyak like, jangan berkecil hati. Terlepas dari strata dan penampilan kita di media sosial, pada dasarnya semua manusia sama. Kamu sudah lebih dari cukup tanpa perlu membandingkan diri dengan orang lain.

GenSINDO

Rastianta Rinandani

Universitas Negeri Jakarta
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More