CERMIN: Diplomasi Masakan

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 14:00 WIB
Rudy sebagaimana Julia membuat kita percaya masakan bisa melintasi tak hanya ruang tapi juga menembus batas wilayah. Saat ini masakan bahkan sering digunakan sebagai medium untuk berdiplomasi. Ketika sebuah keputusan mandek dan berlarut-larut, maka hal terbaik untuk melanjutkannya bisa jadi adalah membicarakannya kembali di meja makan, sembari menikmati masakan demi masakan yang tersaji.

Rudy sebagaimana Julia juga adalah perintis. Yang membuat kita percaya bahwa program masak-memasak di televisi bisa disajikan dengan sederhana dan menghibur. Tanpa kompetisi, tanpa drama, tanpa bumbu-bumbu yang sejatinya kurang perlu.

Baca Juga: 10 Kejahatan Avengers yang Tidak Dipertanggungjawabkan di MCU

Karena sejatinya bumbu yang diperlukan dalam program masak-memasak hanyalah kecintaan kita pada esensi memasak. Bahwa masakan bukan cuma sekadar makanan untuk menghilangkan rasa lapar kita. Tapi masakan juga tentang diplomasi, tentang budaya dan juga tentang cara kita menghargai yang diberikan bumi.

"Food is everything we are. It's an extension of nationalist feeling, ethnic feeling, your personal history, your province, your region, your tribe, your grandma. It's inseparable from those from the get-go," kata Anthony Bourdain. Dan saya percaya masakan akan terus mengembangkan esensi dan eksistensinya melalui kita semua.

JULIA

Produser: Donna E. Bloom, Denise Pinckley

Sutradara: Jenee La Marque, Melanie Mayron, Charles McDougall, Erica Dunton, Scott Ellis

Penulis Skenario: Eboni Booth, Daniel Goldfarb, Natalia Temesgen, Christopher Keyser, Emily Bensinger, Erica Lipez

Pemain: Sarah Lancashire, David Hyde Pierce, Bebe Neuwirth

Ichwan Persada

Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More