4 Cara Membuat Rambut Tetap Lembut saat Musim Panas

4 Cara Membuat Rambut Tetap Lembut saat Musim Panas
Rambut gampang kusut dan kering saat musim panas dan harus segera diatasi agar tidak rusak. Foto/Getty Images
JAKARTA - Kamu pasti ingin punya rambut yang lembut dan halus selama musim panas. Saat cuaca semakin lembap, kamu pasti bala selalu sering mengikat rambut ke belakang.

Bukan merasa gampang gerah, saat musim panas rambut juga terasa sangat kering dan keriting. Saat rambut kamu kering, rusak atau dirawat dengan bahan kimia, lapisan luar helai rambut (kutikula) menjadi terangkat, bukan rata dan halus. Selama musim panas, rambut sering mencari kelembapan dari udara di sekitarnya, itulah sebabnya kelembapan menyebabkan rambut membengkak dan menjadi keriting.

Nah, penata rambut selebritas Jeremy Tardo dan Sam Villa berbagi beberapa tips tentang cara merawat rambut dengan benar sehingga tetap bagus saat musim panas, mengutip dari Instyle .

1. RAMBUT KUSUT

4 Cara Membuat Rambut Tetap Lembut saat Musim Panas

Foto:Cristalov/iStock

Kalau kamu punya rambut kusut, cari tahu penyebabnya. Jeremy Tardo mengatakan bahwa kalau rambut rontok disebabkan karena kerusakan, perawatan rambut yang menguatkan bisa membantu memulihkan helaiannya.”Kalau rambutmu kering, masker perawatan bisa membantu memperbaiki kutikula dan mengembalikan kelembapan," ujarnya.

Sam Villa menambahkan bahwa menjaga rambut tetap padat bisa membantu membuat rambut kusut tetap jinak. “Bagi rambut menjadi enam atau tujuh bagian dan mengepang setiap bagian dengan kencang,” katanya. Lalu gunakan catokan di atas kepangan dari akar hingga ujung. Setelah itu diamkan sampai dingin, baru lepas kepangan tersebut.

Baca Juga: 15 Tren Gaya Rambut a la Perempuan Korea untuk 2021

2. RAMBUT RUSAK

4 Cara Membuat Rambut Tetap Lembut saat Musim Panas

Foto: Energy/iStock

Sam Villa menyarankan penggunaan sampo, kondisioner, dilanjutkan dengan memakai kondisioner tanpa bilas. Perawatan semacam ini tepat untuk mendapatkan kilau terbaik. Untuk penampilan paripurna, kamu juga bisa mengepang rambutmu setelah memakai kondisioner tanpa bilas, lalu lepaskan kepangan setelah rambut rambut benar-benar kering.

3. RAMBUT IKAL ALAMI

4 Cara Membuat Rambut Tetap Lembut saat Musim Panas

Foto: CoffeeAndMilk/iStock

Untuk membantu rambut ikal tetap halus, bagi rambut kamu saat lembap dan pakai produk penghalus secara merata. Selanjutnya, kumpulkan bagian-bagian kecil rambut dan putar erat di sekitar jari telunjuk kamu, secara bertahap putar semua rambut kamu. Dengan telapak tangan saling berhadapan, lingkarkan tangan kamu di sekitar setiap bagian ikal rambut dan tekan kuat pada rambut kamu dua kali untuk mengompresnya. Biarkan rambut mengering, dan jangan disentuh.

Baca Juga: 6 Inspirasi Padu Padan Pakaian Plisket yang Bikin OOTD Kamu Makin Gaya

4. SEMUA JENIS RAMBUT

4 Cara Membuat Rambut Tetap Lembut saat Musim Panas

Foto:Holubenko Nataliia/iStock

Apa pun jenis rambut kamu, ada beberapa tips sederhana yang bisa membantu siapa pun mengurangi rambut kusut di musim panas. Sam Villa merekomendasikan pengaturan rambut dengan syal sutra. “Tidur dengan rambut terbungkus membantu mengurangi gesekan yang menyebabkan keriting,” jelasnya.

Untuk menata rambut, ukir bagian tengah dari depan garis rambut hingga tengkuk. Letakkan bagian tengah syal di bagian atas kepala di bagian depan. "Mulai dari satu sisi kepala kamu, bungkus rambut di sekitar syal untuk mencapai ujungnya dan ikat menjadi sanggul longgar. Lepaskan syal pada hari berikutnya dan rambutmu siap untuk musim panas.

Salsa Khairunnisa
Kontributor GenSINDO
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Instagram: @tehoca


(ita)
Share: