Tips Membantu Orang dengan Kleptomania

Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:00 WIB
Dukungan dan empati pada pengidap kleptomania sangat dibutuhkan untuk membantunya mengontrol diri. Foto/Getty Images
JAKARTA - Kleptomania adalah gangguan mental yang tak mudah diatasi, dan butuh lingkungan yang mendukung untuk membantu pelaku kleptomania mengontrol tindakannya.

Seandainya kamu punya keluarga, teman, atau sahabat yang menjadi pengidap kleptomania, berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa membantunya.

1. Beri Dorongan Positif



Foto: Askar/Pexels



Jika seseorang yang kamu kenal menderita kleptomania, kamu harus mendorong mereka untuk mencari perawatan medis. Kleptomania tidak dapat disembuhkan, tetapi mereka bisa meminum obat atau menjalani terapi untuk membantu mengatasi desakan dan gejalanya

2. Berempati pada Kondisinya



Foto: Cottonbro/Pexels

Jika kamu memergoki seseorang sedang mencuri, sebaiknya kamu bicarakan baik-baik dengan dia. Karena kita tidak tahu alasan dia mencuri benar-benar murni karena ada gangguan atau ada faktor lain.

Baca Juga: Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

3. Bantu Mencari Hobi



Foto: Rodnae/Pexels

Bantu orang kleptomania menemukan cara alternatif untuk mendapatkan perasaan baik yang sama seperti yang mereka dapatkan dari mencuri. Bantu mereka menemukan hobi atau aktivitas lain untuk diikuti. Misalnya, orang tersebut mungkin memfokuskan energinya untuk membuat kerajinan, belajar memasak, atau mencoba sesuatu yang belum pernah mereka coba sebelumnya.

4. Ajak Beraktivitas Bersama



Foto: Gary/Pexels

Kamu bisa membantu mereka fokus pada hal lain, seperti bersosialisasi, alih-alih dorongan untuk mencuri. Namun juga jauhkan dari tempat yang memungkinkan mereka mencuri. misalnya ajak mereka ke bioskop, makan bersama, dan lainnya
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More