Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania
Serial Netflix berjudul Trinkets mengulas tentang kisah persahabatan para penderita kleptomania. Foto/Netflix
JAKARTA - Trinkets adalah serial Netflix bertema kehidupan remaja yang dirilis pada 2019. Serial ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis popular Amerika Kirsten “Kiwi” Smith.

Serial yang sudah berjalan dua season ini menjadi menarik karena mengangkat banyak isu penting yang jarang dibahas dan dikemas dalam suatu tayangan yang ringan dan menarik. Salah satu dan yang menjadi highlight-nya adalah kleptomania.

Trinkets bercerita tentang persahabatan antara ketiga tokoh utamanya, yaitu Elodie (Brianna Hildebrand), Moe (Kiana Madeira), dan Tabitha (Quintessa Swindell). Mereka secara tidak sengaja bertemu di sebuah komunitas konseling khusus para pengidap kleptomania.

Meski awalnya saling mengabaikan, mereka akhirnya menjadi dekat karena merasa memiliki teman untuk berbagi tanpa harus menyembunyikan apa pun.

Serial Netflix Trinkets Ulas Kepribadian Pelaku Kleptomania

Foto: Netflix

Secara teknis, kleptomania didefinisikan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) sebagai gangguan kontrol impuls, bukan kecanduan. Cirinya adalah kegagalan berulang untuk menahan impuls untuk mencuri objek yang tidak segera digunakan atau nilai intrinsik pada individu. Ini disertai perasaan ketegangan yang meningkat sebelum melakukan pencurian dan kesenangan atau kelegaan selama tindakan tersebut.

Baca Juga: 5 Drama Korea tentang Kisah Adik Kakak, dari yang Kocak sampai Haru

Dalam serial ini, kita dapat melihat bahwa para pengidap kleptomania tetap dapat menjalani kehidupan seperti orang lain dan tidak ada ciri khusus yang membedakan mereka dengan orang pada umumnya.

Walaupun masih menjadi perdebatan mengenai penyebab seseorang mengidap kleptomania, tetapi dalam Trinkets, ada sebuah pola saat karakternya masing-masing memiliki masalah yang mungkin memicu mereka.

Seperti Elodie yang memiliki trauma setelah kematian ibunya dan ayahnya memiliki keluarga baru, sehingga ia merasa terasing. Tabitha memiliki pacar yang kasar dan suka melecehkannya. Mencuri menjadi semacam pelarian yang melegakan ketika semua masalah bergumul dalam hidup mereka.
halaman ke-1
Share: