Ngaku Introvert? Kenali Dulu Ciri dan Tipe Kepribadian Ini!

Selasa, 25 Januari 2022 - 18:49 WIB
Introvert adalah orang yang lebih nyaman melakukan apa saja sendiri. Mereka bukan pemalu. Mereka hanya merasa energi mereka tersedot ketika ada di keramaian. (Foto: TipsMake.com)
Introvert biasanya diasosiasikan dengan orang yang pemalu atau pendiam dan suka menyendiri. Ini bisa jadi terjadi di sejumlah orang yang introvert. Pemalu dan introvert adalah dua hal yang berbeda. Introvert adalah tipe kepribadian. Sementara, pemalu adalah emosi.

Orang pemalu cenderung merasa canggung atau tidak nyaman saat berada di situasi sosial, terutama di sekitar orang asing. Mereka mungkin jadi gugup dan berkeringat. Jantung mereka mungkin berdetak lebih cepat dan jadi sakit perut. Pemalu lebih suka menghindari acara sosial karena tidak suka perasaan negatif yang mengambil alih pikiran dan tubuh mereka saat harus pergi ke pesta atau aktivitas lain.

Introvert juga suka menghindari acara sosial. Tapi, alasannya lain. Introvert merasa lebih berenergi atau nyaman saat melakukan hal-hal sendiri atau hanya bersama satu atau dua orang lain. Mereka menghindari acara sosial bukan karena punya reaksi negatif yang kuat seperti para pemalu. Introvert hanya lebih suka sendirian atau berada di kelompok yang sangat kecil.

Istilah introvert dan extrovert diperkenalkan pada 1920an oleh seorang psikolog bernama Carl Jung. Mengutip WebMD, dua kepribadian ini memisahkan orang berdasarkan bagaimana mereka mendapatkan atau menghabiskan energinya. Introvert adalah mereka yang bergantung pada pikiran mereka sendiri untuk recharge. Sedangkan extrovert mencari orang lain untuk mendapatkan energi yang mereka butuhkan.

Orang mungkin dengan mudah menyebut diri mereka sebagai introvert ketika mereka merasa sebagai pemalu dan pendiam atau susah bersosialisasi. Padahal, tidak seperti itu. Pemalu bisa disembuhkan dengan terapi, tapi introvert tidak. Jadi, kalau mau tahu kalian introvert atau bukan, kalian bisa ikut tes seperti Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau proyek SAPA.





1. Ciri umum introvert



Orang introvert ada bermacam-macam. Tapi, secara umum, mereka punya sifat yang sama. Orang-orang ini biasanya:

- Butuh ketenangan untuk berkonsentrasi

- Reflektif

- Sadar diri

- Butuh waktu untuk membuat keputusan

- Merasa nyaman sendirian

- Tidak suka bekerja kelompok

- Lebih suka menulis ketimbang bicara

- Merasa lelah setelah berada di keramaian

- Punya sedikit teman, tapi sangat dekat dengan mereka

- Suka melamun atau menggunakan imajinasi mereka untuk menyelesaikan masalah
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More