4 Hal Baik yang Bisa Muncul dari Rasa Insecure di Media Sosial

Senin, 24 Januari 2022 - 15:30 WIB
loading...
4 Hal Baik yang Bisa Muncul dari Rasa Insecure di Media Sosial
Perasaan tidak percaya diri atau insecure bisa diubah menjadi bahan bakar untuk berusaha lebih keras lagi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Rasa insecure atau tidak percaya diri di media sosial sering kali muncul ketika kita melihat teman-teman, influencer, sampai orang yang dikagumi mengunggah hal-hal yang membuat kita iri.

Mungkin kamu sering mengucap dalam hati, “Kapan, ya, aku bisa seperti dia?" atau "Kok dia bisa jalan-jalan terus keluar kota setiap minggunya?". Ini adalah beberapa ungkapan perasaan orang yang sedang insecuremelihat hal menyenangkan yang belum bisa dilakukan ataudirasakannya.

Sebelumnya, apa itu insecure ? Dikutip dari alodokter, insecure adalah perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman. Akibat yang ditimbulkan dari perilaku ini adalah cemburu terhadap orang lain dan tidak percaya terhadap dirinya sendiri.

Tetapi, apakah insecureitu buruk? Nyatanya tidak selalu, Merasa insecure di media sosial juga ada sisi positifnya, seperti yang berikut ini.

1. Jadi Terpacu untuk Bekerja Keras

4 Hal Baik yang Bisa Muncul dari Rasa Insecure di Media Sosial

Foto: Instagram @kingjames

Kalau kamu iri melihat unggahan teman-teman atau influencer di media sosial, maka arahkan rasa iri itu menjadi semangat untuk lebih giat lagi berusaha agar bisa sama atau bahkan melebihi mereka.

Dengan rasa iri itu, muncul dorongan untuk bekerja keras, misalnya agar punya lebih banyak uang dan membeli barang yang kita inginkan. Ini baik untuk memacu diri agar tidak malas dalam bekerja.

2. Jadi Ingin Mempelajari Hal Baru

4 Hal Baik yang Bisa Muncul dari Rasa Insecure di Media Sosial

Foto: Instagram @cristiano

Melihat unggahan hasil masakan buatan temanmu bikin kamu iri? Atau melihat temanmu jago bikin desain bikin kamu juga ingin bisa sepertinya? Ini bisa membuatmu tertarik untuk belajar masak atau membuat desain. Intinya, kamu jadi tertarik untuk mencoba atau mempelajari hal baru yang bisa menambah keahlianmu.

Mungkin hasilnya tidak akan sama seperti karya orang yang dikagumi, tetapi yang penting adalah kamu mau mencoba mempelajari hal baru untuk menambah pengalaman dan keterampilanmu.

Baca Juga: 13 Tayangan Netflix Februari 2022, dari Film Terbaru Iko Uwais hingga Deretan Drama Korea Seru

3. Jadi Lebih Ingin Merawat Diri

4 Hal Baik yang Bisa Muncul dari Rasa Insecure di Media Sosial

Foto: Getty Images

Di media sosial, kita juga sering melihat unggahan orang-orang dengan muka yang glowing, postur badan proporsional, serta fisiknya yang terlihat sehat dan kuat. Kalau tampilan mereka membuatmu insecure, maka rasa ini bisa jadi bahan bakar untuk memotivasi supaya kamu bisa merawat diri dengan baik, mulai dengan berolahraga, mengatur pola makan, serta mengatur pola tidur.

Baca Juga: 5 Superhero Terlemah Marvel yang Jadi Anggota Avengers

4. Membuat Lebih Bersyukur

4 Hal Baik yang Bisa Muncul dari Rasa Insecure di Media Sosial

Foto: Getty Images

Tak hanya melihat hal-hal yang di atas kita, media sosial juga penuh dengan hal-hal yang menyedihkan. Dari sini, kita bisa mencoba untuk mensyukuri hal-hal kecil yang kita dapatkan. Sering kali, hal-hal yang seolah remeh tersebut justru menjadi sumber kebahagiaan kita.

Misalnya saja, kita kurang bersyukur bahwa kita selalu diberi kesehatan. Ketika kita sakit, barulah kita menyadari bahwa sehat itu adalah harta yang sangat berharga.

Leonardo Juan
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @leonardojuan__
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)