Ini 4 Perbedaan IQ dan EQ Biar Kamu Tidak Bingung

Sabtu, 15 Januari 2022 - 08:30 WIB
Foto: Getty Images

- IQ

Beberapa tes yang diakui untuk mengukur IQ adalah tes Stanford-Binet Intelligence Scale, Woodcock Johnson III Tests of Cognitive Abilities, Wechsler Adult Intelligence Scale, dan Wechsler Individual Achievement Test.

Ada dua kemampuan yang dinilai dalam tes-tes tersebut yaitu kecerdasan padat (crystallized intelligence) mengacu pada kemampuan verbal dan pengetahuan yang umumnya berkembang seiring usia. Lalu kecerdasan cair (fluid intelligence) mengacu pada kemampuan berpikir abstrak dan memecahkan masalah tanpa bekal pengetahuan sebelumnya.

- EQ

Beberapa tes yang diakui untuk mengukurEQ adalah Mayer-Salovey-Caruso Emotional Intelligence Tests, Situational Tests of Emotional Management, Situational Tests of Emotional Understanding, dan Diagnostic Analysis of Nonverbal Accuracy.

Dua kemampuan yang dinilai adalah kecerdasan kemampuan (ability intelligence) mengacu pada pemecahan masalah memakai kemampuan emosi dan interaksi sosial serta kecerdasan sifat (trait intelligence) mengacu pada kemampuan menganalisis perilaku diri sendiri.

Baca Juga: 7 Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Peter Parker usai Spider-Man: No Way Home

4. Bidang Kesuksesan



Foto: Getty Images

- IQ

IQ dikaitkan dengan kesuksesan pada bidang akademik.

- EQ

EQ cenderung dikaitkan dengan kesuksesan dalam hubungan dengan diri sendiri dan orang lain serta dalam pekerjaan, terutama terkait kemampuanmemimpin (leadership).

GenSINDO

Narda Dea Aprylia

Politenik Negeri Media Kreatif
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More