Ini Bedanya Senang dan Bahagia, dan Cara untuk Mencapainya

Rabu, 22 Desember 2021 - 14:30 WIB
Setiap orang memiliki standar kebahagiaan yang berbeda-beda. Foto/Pexels, Chermiti Mohamed
JAKARTA - Kebahagiaan sering ditafsirkan seseorang sebagai tujuan hidupnya kelak, bahkan tanpa seseorang tahu secara jelas kebahagiaan seperti apa yang mereka cari.

Seseorang tidak bisa menetapkan standar kebahagiaannya sendiri sama dengan standar kebahagiaan orang lain. Sebab kebahagiaan setiap orang belum tentu sama. Sekilas senang dan bahagia itu terasa sama, meski sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang sering tidak disadari.

Perbedaan Senang dan Bahagia



Foto: Pexels/Trung Nguyen



Mengutip Psychology Today, kebahagiaan erat hubungannya dengan tujuan dan kepuasan hidup. Ketika seseorang dapat menikmati hidupnya, maka ia bisa dibilang telah mendapatkan kebahagiaannya.

Meski rasa senang juga turut menjadi bagian kebahagiaan, tapi untuk bisa bahagia, seseorang butuh tujuan yang lebih spesifik. Karena itulah, orang yang senang belum tentu merasa bahagia. Namun, ketika orang bahagia, mereka otomatis merasa senang.

Meski begitu, kebahagiaan setiap orang juga berbeda-beda, karena objek kepuasan yang ingin dicapai seseorang juga bermacam-macam. Sementara kesenangan adalah rasa rasa yang cenderung memberikan kepuasan sesaat. Apabila dilakukan secara terus menerus dalam waktu dekat, umumnya akan menimbulkan rasa bosan.

Menemukan Kesenangan dan Kebahagiaan



Foto:Pexels/Sound On

Seseorang akan merasa senang ketika mereka mendengarkan lagu yang mereka sukai, melakukan aktivitas seru, atau membeli barang yang diimpikan sejak lama. Sedangkan untuk mendapatkan kebahagiaan, seseorang tidak terbatas pada hal-hal yang sifatnya sementara serta lebih menerima efek positif dibanding negatif.

Baca Juga: Kamu Hobi Rebahan? Waspada Gangguan Mental Satu Ini

Kebahagiaan juga tak selalu datang dari hal-hal yang besar. Tubuh yang sehat juga salah satu bentuk kebahagiaan yang banyak diinginkan orang.

Tips Mengubah Kesenangan Menjadi Kebahagiaan



Foto:Pexels/Andrea Piacquadio

Agar kesenanganmu tidak hanya sesaat saja, maka tips berikut ini bisa membuatmu semakin bahagia.

Memanfaatkan sesuatu yang disukai
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More