Waspada! Ini 5 Cara Berbohong yang Meyakinkan Layaknya Mata-Mata

Rabu, 29 September 2021 - 18:47 WIB
Orang yang ahli berbohong biasanya hanya melakukan kebohongan yang masuk akal agar lebih mudah dipercaya. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Banyak cara untuk berbohong, dan semakin seseorang ahli melakukan praktik kebohongan, semakin sulit pula tipu dayanya diketahui.

Supaya kamu tidak menjadi korban kebohongan, kamu juga perlu mengetahui cara orang berbohong dengan level seperti seorang profesional, layaknya seorang mata-mata atau agen rahasia.

Nah, berikut ini 'tips' berbohong yang meyakinkan seperti diungkap mantan agen rahasia di CIA dan psikolog.

1. PERCAYA DIRI





Foto: Pexels

Orang yang berkata dengan sangat percaya diri sangat sulit untuk dideteksi kebohongannya. "Manusia hanya bisa mengidentifikasi kebohongan pada tingkat sekitar 50%," ujar Andrew Bustamante, mantan perwira rahasia CIA yang hidup dalam penyamaran selama hampir satu dekade, mengutip dari Best Life Online.

Ini artinya, tak ada satu orang pun yang bisa secara akurat mendeteksi kebohongan. Apalagi jika kebohongan tersebut disampaikan dengan kepercayaan diri penuh.

2. MENGATAKAN KEBOHONGAN YANG BISA DIPERCAYA



Foto: Pexels

Kita akan selalu menganggap seseorang berkata jujur ketika ia mengatakan hal yang dapat dipercaya. Jadi, orang yang pandai berbohong hanya akan mengatakan kebohongan yang masuk akal.

Baca Juga: 4 Alasan Utama Orang Berselingkuh Menurut Hasil Penelitian

3. BAHASA TUBUH YANG NATURAL



Foto: Pexels

Selain percakapan, bahasa tubuh pun menjadi sesuatu yang penting untuk dinilai. Kalau seseorang berbohong dengan penuh percaya diri, kebohongannya juga masuk akal, ditambah bahasa tubuhnya juga alami saja alias tidak berlebihan, maka kamu harus makin cermat menganalisisnya.

4. BERNAPAS DENGAN TENANG

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More