10 Asal-Usul Gestur Tangan, dari Tos sampai Jari Tengah

Minggu, 29 November 2020 - 15:00 WIB


Foto: rd.com

Menyilangkan jari dilakukan ketika tengah berharap, dan sudah ada sejak zaman dahulu. Ini adalah budaya pagan.

Bukan hanya kaum pagan yang melakukannya, penganut Kristen awalnya juga kerap melakukan gestur ini ketika menghadapi hukuman untuk meminta kekuatan Yesus atau untuk menghapus dosa mereka.

5. JEMPOL KE ATAS DAN KE BAWAH



Foto: rd.com

Dilaporkan Time, simbol ini digunakan pertama kali oleh leluhur Roma untuk menentukan apakah seorang gladiator layak hidup atau tidak.

Jempol ke atas artinya mati, sebaliknya jempol ke bawah artinya hidup. Seiring waktu simbol ini mengalami perubahan, yaitu jempol ke atas artinya positif dan jempol ke bawah negatif.

6. TOS



Foto: rd.com

Gestur ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Kala itu digunakan seorang atlet. Teori pertama gerakan ini diciptakan 2 Oktober 1988 ketika pemain bisbol Glenn Burke melakukan tos dengan pemain lainnya Dusty Baker.

Teori lain adalah ketika pemain basket Derek Smith melakukan tos dengan pemain lain, Wiley Brown. Brown ingin memberikan tos rendah kepada Smith tapi Smith meminta tos tinggi di udara.

7. TEPUK TANGAN



Foto: rd.com

Bertepuk tangan bahkan disebutkan di Alkitab. Budaya Barat percaya gestur ini datang dari teater pertunjukkan Roma zaman dahulu.

Gestur ini digunakan politikus di Roma untuk melihat seberapa banyak tepuk tangan yang mereka dapat saat memasuki arena. Tepuk tangan juga digunakan untuk mengumpulkan data terkait sejauh mana kepemimpinan seseorang.

8. TANDA V
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More