10 Asal-Usul Gestur Tangan, dari Tos sampai Jari Tengah

Minggu, 29 November 2020 - 15:00 WIB
Gestur tos atau high five berasal dari lapangan olahraga bisbul. Foto/Freepik
JAKARTA - Kamu pasti sering membalas chat dengan emotikon jempol atau tangan yang sedang bertepuk. Tapi mungkin kamu tidak tahu dari mana asal gerakan-gerakan tangan itu mulanya. Setiap gestur punya keunikan tersendiri.

Nah, berikut fakta seputar gerakan tangan, dikutip dari Reader's Digest .

1. BERJABAT TANGAN



Foto: rd.com



Tradisi berjabat tangan rupanya sudah ada sejak ribuan tahun lalu, konon sejak abad ke-9 Sebelum Masehi. Ada teori yang mengatakan berjabat tangan artinya menunjukkan pesan dama, sementara gerakan mengguncangkan tangan saat bersalaman berguna untuk memastikan apakah ada senjata yang teesembunyi di balik lengan baju.

Teori lain menyebutkan bersalaman artinya mempererat hubungan.

2. JARI TENGAH



Foto: rd.com

Pemakaian jari ini diartikan tindakan menghina. Tidak heran karena asal gestur ini juga vulgar. Jari tengah diartikan sebagai lingga.

Orang Yunani menggunakan gestur ini merujuk alat kelamin pria.

Gestur ini pertama kali digunakan di Amerika Serikat pada 1886 ketika pitcher Boston Beaneaters menunjukkan jari tengahnya kepada rivalnya, New York Giants.

3. KUPING KELINCI



Foto: rd.com

Menaruh dua jari berbentuk huruf V di belakang kepala temanmu seakan seperti kuping kelinci. Di baliknya ada cerita bahwa tanda V ini merujuk pada tanduk yang dibuat dengan kedua jari di atas kepala.

Gestur ini digunakan untuk mencemooh suami yang istrinya tidak setia. Pendapat lain merujuk kepada telinga keledai yang menunjukkan hal yang mencemooh. ( )

4. MENYILANGKAH JARI
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More