7 Cara Mudah Atasi Serangan Panik, Rekomendasi Para Ahli!

Selasa, 10 November 2020 - 19:00 WIB
Saat mengalami serangan panik, otak menciptakan gejala fisiologis ini karena berpikir bahwa kamu membutuhkan perlindungan (melawan atau lari). Pernafasan diafragma akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa sebenarnya tidak demikian.

4. MAIN GIM



Foto: Unsplash

Faktanya bermain gim bisa mengalihkan perhatianmu dari rasa panik dan cemas. “Unduh beberapa permainan yang akan mengalihkan pikiran pikiran dari gejala tidak menyenangkan yang dirasakan. Kamu juga bisa mengunduh musik santai dan sesi relaksasi terpadu,” ujar psikolog Dr. Prakash Masand.

5. MEMERAS BOLA



Foto: Amazon

Mudah mengalami gejala panik, kamu bisa mengalihkannya dengan menekan atau memeras bola lunak. Seperti yang dikemukakan Prakasah, “menjaga sesuatu di tangan bisa membantu menghubungkanmu dengan saat ini dan bertindak sebagai pereda stres.”

6. TANTANG PIKIRAN NEGATIF



Foto: Unsplash

Memutar pikiran negatif menjadi positif memang bukan hal yang gampang, tapi cobalah untuk melatihnya. ( )

“Orang dengan kepanikan cenderung membuat bencana atau melihat hal terburuk dari berbagai hal. Bawalah beberapa mantra atau ucapan positif untuk membawamu kembali dunia nyata," jelas Masand.

7. BERTANYA KE DIRI SENDIRI, "KENAPA CEMAS?"



Foto: Unsplash

Menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri saat merasa panik atau gugup bisa menghilangkan pikiran negatif. Lain kali kalau merasa cemas, tanyakan pada diri sendiri: Adakah alasan mengapa saya merasa cemas? Apakah saya membesar-besarkan masalahnya?”

Nah, kalau kamu sering mengalami hal ini, cara-cara di atas bisa kamu buktikan keefektifannya.

Vica Nurul Aini
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More