5 Karakter dalam Drama Korea yang Alami Gangguan Mental

5 Karakter dalam Drama Korea yang Alami Gangguan Mental
Park Seo-joon sebagai Lee Young-joon dalam Whats Wrong With Secretary Kim sebagai sosok bos yang narsis. Foto/tvN
JAKARTA - Isu kesehatan mental jadi lebih mudah dipahami masyarakat awam lewat penggambaran beberapa karakter dalam drama Korea yang mengalami hal tersebut.

Lewat karakter-karakter fiksi dalam serial Korea , orang-orang mulai sadar bahwa sakit bukan cuma bisa menyerang fisik, tapi juga menyerang mental.

Gangguan kesehatan mental adalah penyakit saat penderitanya mengalami gangguan pada emosi, pola pikir, perilaku, dan kesulitan dalam menyesuaikan dirinya dengan kondisi di sekitarnya.

Nah, berikut beberapa drama Korea yang memotret kondisi para penderita gangguan kesehatan mental. (Baca Juga: 7 Drama Korea Termahal, dari Serialnya Lee Min-ho sampai IU )

1. LEE YOUNG-JOON - WHAT'S WRONG WITH SECRETARY KIM

5 Karakter dalam Drama Korea yang Alami Gangguan Mental

Foto: tvN

Diadaptasi dari webtoon, drama komedi romantis ini menceritakan tentang Lee Young-joon ( Park Seo-joon ), seorang bos muda yang tampan, sukses, berasal dari keluarga kaya, dan hubungannya dengan sekretaris kepercayaannya, Kim Mi-so (Park Min-young).

Lee Young-joon diceritakan sebagai bos yang narsistik, saking narsis-nya, dia selalu memuji wajah dan kebisaannya ketika bercermin. Gangguan kepribadian narsistik punya rasa bangga atau keyakinan yang berlebihan terhadap diri mereka sendiri. Penderitanya akan menganggap dirinya sangat penting dan harus dikagumi.

2. JANG SEON-GYUL - CLEAN WITH PASSION

5 Karakter dalam Drama Korea yang Alami Gangguan Mental

Foto: JTBC

Jang Seon-gyul (Yoon Kyun-sang) adalah CEO perusahaan jasa kebersihan yang punya gangguan mysophobia. Mysophobiaadalah kondisi saat seseorang merasa terganggu akan hal-hal kotor, takut terhadap kuman, bakteri, mikroba, kontaminasi, dan infeksi. Mereka akan lebih sering mencuci tangannya, menghindari jabat tangan dan sangat terobsesi dengan kebersihan.

Drama ini sangat menarik, karena Jang Seon-gyul dipertemukan dengan Gil Oh-sol (Kim Yoo-jung) seorang karyawannya yang jorok dan berantakan, tapi justru yang membuatnya sembuh dari penyakitnya. (Baca Juga: Millie Bobby Brown Anggap Enola Holmes Lebih Keren Dibanding Eleven Stranger Things )

3. JO YI-SEO - ITAEWON CLASS

5 Karakter dalam Drama Korea yang Alami Gangguan Mental

Foto: JTBC

Drama ini menceritakan tentang kehidupan Park Saeroyi ( Park Seo-joon ) yang membangun bisnis makanan untuk membalas dendamnya kepada pemilik perusahaan Jangga Jang Dae-hee dan anaknya yang bernama Jang Geun-won. Dalam cerita ini, Saeroyi berteman dengan Jo Yi-seo (Kim Da-Mi) yang digambarkan sebagai seorang sosiopat.

Sosiopat adalah sebutan lain untuk orang yang punya gangguan kepribadian antisosial (ASPD), yang hanya peduli terhadap keinginan dan kebutuhan mereka, sangat egois, beberapa bersikap agresif, dan gak kenal rasa takut.

4. CHA DO-HYUN - KILL ME, HEAL ME

5 Karakter dalam Drama Korea yang Alami Gangguan Mental

Foto: MBC

Saat masa kecilnya, Cha Do-hyun (Ji Sung) punya trauma psikologis, dan membuatnya punya tujuh kepribadian dalam tubuhnya. Orang yang punya kepribadian ganda punya punya karakter yang berbeda-beda dalam tiap kepribadiannya. Misalnya punya pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, dan usia yang berbeda.

Orang yang punya kepribadian ganda seperti akan bertingkah dan bertindak sesuai kepribadian yang memegang kendali penderitanya. (Baca Juga: 5 Karakter Cewek Badass dalam Drama Korea, Cocok jadi Panutan! )
halaman ke-1
Share: