Apa Kriteria Smartphone Terbaik untuk Pelajar/Mahasiswa?

Jum'at, 17 April 2020 - 08:30 WIB
Sebagian jadwal kuliah dimulai pagi hari. Terkadang dilanjut setelah makan siang hingga sore. Selama kuliah, kita masih menggunakan smartphone untuk mencatat atau merekam materi dari dosen.

Begitu kuliah selesai pun tidak langsung pulang. Namun, masih disambung mengerjakan tugas dengan mahasiswa lain secara berkelompok hingga malam. Disela-sela waktu menunggu, smartphone masih dipakai mengakses sosial media hingga membuat konten. Karenanya, kebutuhan baterai smartphone besar menjadi mutlak. Baterai besar seperti Galaxy M31 yang mencapai 6.000 mAh sangat relevan, karena dapat bertahan lama diberbagai kegiatan seperti melakukan panggilan telepon maupun konferensi yang diklaim dapat bertahan hingga 48 jam, hingga streaming musik sambil mengerjakan tugas yang dapat mencapai 119 jam pemakaian.

Baterai besar bisa jadi identik dengan smartphone yang menjadi lebih berat, namun Gensindo melihat bahwa desain dari Galaxy M31 sama sekali tidak tampak besar. Tetap tipis dan ringkas.

Baterai boleh besar, tapi ukuran harus dijaga agar tetap ringkas agar nyaman digenggam dan dibawa-bawa.

Sebaliknya, secara fungsi dan penggunaan ponsel, dampaknya signifikan karena kita tidak perlu repot ngecharge setiap saat dan membawa-bawa powerbank. Seberapa lama daya tahan baterai sebuah ponsel, memang tergantung dari pemakaian masing-masing individu. Tapi, kita percaya diri bahwa ponsel kita tidak perlu bertemu powerbank selewat jam makan siang.

MENGOPTIMALKAN FOCUS MODE

Focus Mode menjaga tetap fokus dan terbebas dari distraksi notifikasi yang mengganggu.

Smartphone bak pedang bermata dua. Bisa jadi sumber informasi dan pendukung pembelajaran dan membantu mengerjakan tugas kampus. Tapi, bisa juga menjadi sumber distraksi, jika tidak hati-hati. Mudah sekali fokus kita teralihkan hanya karena notifikasi “Like” di Instagram, pesan baru di WhatsApp, hingga email marketing yang terkadang tidak relevan dengan kita.

Karena itu, fitur Focus Mode di Galaxy M31 penting untuk membantu konsentrasi. Sebelum mengerjakan tugas, nyalakan Focus Mode, pilih aplikasi yang memang penting dan hindari notifikasi mengganggu.

SPEK TINGGI, LEBIH OPTIMAL



Smartphone dan laptop sama-sama menjadi perangkat penting bagi pelajar.

Kebutuhan berponsel remaja semakin meningkat. Multitasking, mengakses sosial media, menonton streaming, bermain video gim, membuka presentasi, hingga memotret dan membalas chatting, dilakukan bergantian setiap saat.

Karena itu, idealnya semakin tinggi spesifikasinya, semakin baik. Semakin cepat dan cekatan kita bermultitasking. Karena itu memori 6GB/128 GB dipadu Exynos 9611 Octa Core di Galaxy M31 adalah spesifikasi yang pas dan optimal. Secara fungsi, ponsel terasa lebih taktis. Sementara ruang di memori tidak cepat penuh untuk menyimpan dokumen, foto dan video.

LAYAR BESAR BIKIN NYAMAN



Layar lebih besar selalu lebih nyaman. Terutama ketika menggantikan laptop dengan memakai keyboard bluetooth seperti ini. Foto-foto: Danang Arradian

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More