8 Masalah yang Sering Dialami Mahasiswa dan Solusinya

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:20 WIB
Mahasiswa dirundung banyak masalah dalam menyeimbangkan kehidupan kampus dengan kehidupan pribadi. Foto/Shutterstock
JAKARTA - Para mahasiswa mengungkapkan masalah-masalah perkuliahan yang sering dialami, dan Dr. Rena Latifa, M.Psi, psikolog sekaligus Ketua Program Studi Psikologi (S1) UIN Syarif Hidayatullah mencoba memberikan solusinya.

1. MANAJEMEN WAKTU



Foto: Dr Rena

Solusinya, buatlah skala prioritas. Ini bisa disusun berdasarkan tingkat urgensi, kemampuan diri, kesempatan yang dimiliki, serta pertimbangan masa depan yang ingin dicapai. Lakukan segera kalau penting dan mendesak, rencanakan kalau gak penting tapi mendesak. Minta bantuan kalau penting, tapi gak begitu mendesak, dan tunda atau tinggalkan kalau gak penting dan gak mendesak.



2. MASALAH FINANSIAL



Foto: MNC Sekuritas

Catat pengeluaran sehari-sehari dengan mempertimbangkan kebutuhan masing-masing. Cari alternatif pemasukan, tapi tetap fokus pada jadwal kuliah. ( )

3. KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN



Foto: Czanner

Atur waktu dengan baik supaya bisa menambah kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan. Mulai dari hobi atau pada skala prioritas yang harus dikerjakan dan dikembangkan.

4. KONFLIK BATIN MENGHADAPI DOSEN



Foto: Shutterstock

Ubah pola pikir. Pengalaman mengelola relasi dengan dosen adalah pengalaman berharga sebagai bekal menghadapi otoritas di dunia kerja. Kalau masih susah, bisa mencoba meningkatkan kapasitas diri dalam mengutarakan pendapat dan belajar berkomunikasi dengan baik. Jangan asyik dengan prasangka pribadi yang belum tentu benar. Ingat,“Tak kenal maka tak sayang”.

5. PERUBAHAN JADWAL PERKULIAHAN

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More