5 Tipe Kecanduan Internet, Apakah Kamu Termasuk?

Sabtu, 17 Februari 2024 - 16:00 WIB
Menghabiskan uang dengan jumlah yang banyak tentunya akan menyebabkan stres dalam diri seseorang. Biasanya saat melakukan hal-hal tersebut, mereka melakukannya secara tidak sadar dan tergoda oleh nafsu. Apalagi seseorang yang kecanduan judi online yang niatnya ingin untung malah jadi buntung.

4. Compulsive Information Seeking



Foto:Cottonbro Studio/Pexels

Kecanduan ini berupa dorongan untuk mencari informasi-informasi di internet secara terus-menerus tanpa tujuan yang jelas. Seperti yang kita ketahui bahwa internet memberikan pengguna banyak sekali data dan pengetahuan.

Bagi sebagian orang, kesempatan mendapatkan informasi dengan cara yang mudah berubah menjadi obsesi yang tidak terkendali. Dalam beberapa kasus, pencarian informasi merupakan manifestasi dari kecenderungan obsesif-kompulsif yang tentunya hal tersebut akan merugikan karena sudah termasuk ke dalam gangguan mental.



5. Computer Or Gaming Addiction



Foto:Yan Krukau/Pexels

Kecanduan ini berupa kecanduan terhadap komputer atau permainan daring. Permainan daring seharusnya menjadi hiburan bagi kala waktu rehat kita. Namun, apabila sampai terlalu berlebihan tentunya hal tersebut tidak baik juga bagi kondisi fisik maupun mental kita.

Seseorang akan menghabiskan banyak waktunya untuk memainkan permainan daring yang dapat menyebabkan penurunan produktivitas yang merugikan. Tidak hanya itu, kerugian yang nyata lainnya seperti kerusakan pada mata, gangguan pola makan, dan kondisi emosional yang terganggu.

Valens Atila Nabhan

Konstributor GenSINDO

MNC University
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Terpopuler
Berita Terkini More