8 Cara Cegah Tindakan Impulsif, Pas buat yang Hobi Makan dan Belanja saat Stres

Senin, 15 Januari 2024 - 15:30 WIB
Pikirkan tentang cara kamu memecahkan masalah, menegaskan kebutuhanmu, atau mengatasi pemicunya secara efektif. Intinya adalah kamu harus bisa bertindak dengan terampil.

6. Identifikasi hasil idealnya

Bayangkan hasil ideal jika kamu mampu mengatasi perilaku impulsifmu. Bagaimana kamu ingin bertindak dan merasakan? Kemungkinannya termasuk mengatasi masalah tanpa menyakiti diri sendiri atau orang lain.

7. Latih Rencana Solusi di Kepalamu

Tuliskan rencana solusimu, dan bayangkan dirimu mengikutinya dengan sempurna. Visualisasikan bagaimana rasanya menghindari tindakan impulsifmu dengan sukses.

Kalau kamu tidak bisa memvisualisasikannya, ingat dan baca lagi rencana penanggulanganmu itu. Atau rekam diri kamu saat membacanya dengan suara keras, dan dengarkan rekamannya berulang kali.



8. Bersiaplah Menghadapi Krisis secara Fisik dan Berikan Penghargaan pada Diri Sendiri

Pastikan kamu mempraktikkan teknik menenangkan diri atau relaksasi setelah latihan mental. Membayangkan situasi stres dapat membangkitkan emosi yang sama seperti saat mengalami situasi stres. Bersikap baiklah pada dirimu sendiri.

Jangan berkecil hati kalau kamu masih bertindak impulsif setelah berlatih, karena itu hal normal. Mengubah perilaku memang sulit, yang perlu dilakukan adalah terus mengevaluasi solusimu dan terus memperbaikinya hingga kamu bisa sukses mengurangi tindakan impulsifmu.
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More