4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial

Selasa, 11 Februari 2020 - 12:50 WIB
4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial
4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial
A A A
Di balik hobi pamer foto mesra bareng pacar di media sosial, ternyata tersimpan motif beragam. Apa kamu termasuk?

Menurut Gwendolyn Seidman, Ph.D., profesor psikologi sekaligus ketua departemen psikologi di Albright College, sedikitnya ada empat alasan banyak orang senang pamer foto pacarnya di medsos.

Gwendolyn mengatakan hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukannya, dan ditulisnya lewat situs web Psychology Today.

1. BAHAGIA DENGAN HUBUNGANNYA DENGAN PACAR

4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial

Foto: freepik.com

Ini hal yang umum terjadi. Kalau kamu lihat ada orang yang hobi banget pasang foto dirinya bareng pacar saat makan, jalan-jalan, datang ke sebuah acara, bahkan foto bareng saat pacaran di rumah aja, ini bisa jadi pertanda bahwa dia memang bahagia dengan hubungannya bareng sang pacar. Dengan memasang dan melihat foto-foto mesra mereka di medsos, orang ini pun mengaku jadi punya hubungan yang makin dekat dan mesra dengan pacarnya. Jadi antara dia dan medsos ada hubungan yang saling menguntungkan.

2. MENYEMBUNYIKAN KENYATAAN YANG SEBENARNYA

4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial

Foto: rawpixel.com

Nah, yang ini kebalikan dari yang pertama. Kebiasaan mem-posting foto bareng pacar justru jadi kompensasi atas hubungan yang gak mesra-mesra amat dalam kehidupan nyata. Menurut penelitian Gwendolyn, mereka yang masuk golongan ini percaya bahwa pamer foto bareng pacar di medsos bisa mendongkrak kemesraan hubungan mereka. Sayangnya, Gwendolyn gak melakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah kepercayaan mereka itu bisa menjadi kenyataan atau justru berbahaya buat hubungan mereka tersebut.

Terus, gimana kita, yang melihat postingan itu, bisa tahu apakah mereka beneran mesra atau gak? Ya, jawabannya cuma bisa kita tahu dari bahasa tubuh mereka berdua kalo ketemu langsung. Kalau gak ketemu langsung, ya, jangan sok tahu dan julid.

3. PENGEN PAMER AJA

4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial

Foto: heodorawatches.com

Nah, ini biasanya terjadi pada orang-orang yang narsistik atau punya kecenderungan itu. Gwendolyn sempat menduga bahwa hobi pamer foto ini dilakukan karena pasangan mereka cakep, ganteng, atau seksi. Tapi setelah dilakukan penelitian, fisik pasangan yang menarik gak ada hubungannya dengan hobi pamer foto.

Jadi, satu-satunya alasan mereka, ya, memang pengen pamer aja ke orang-orang sebagai penyempurna jiwa narsistik yang pengen dikagumi sebanyak mungkin orang. Selain itu, orang yang narsistik biasanya mem-posting foto-foto yang seksi bareng pacarnya.

4. MELINDUNGI HUBUNGAN

4 Alasan Orang Senang Pamer Foto Bareng Pacar di Media Sosial

Foto: canva.com

Nah, alasan terakhir pamer foto bareng pacar adalah sebuah pengumuman gak langsung bahwa "aku udah punya pacar jadi plis jangan ganggu aku" dan "dia tuh pacar aku kamu jangan berani-beraninya ya ngerebut dia dari aku!" Singkat kata, ini adalah sebuah cara melindungi hubungan dia dan pacar dari godaan orang-orang yang berpotensi menggoda atau merusak hubungan mereka.

Dari hasil penelitian, Gwendolyn menemukan bahwa orang yang melihat orang lain mem-posting foto bareng pacarnya akan cenderung gak tertarik untuk 'merebut' pacar orang tersebut. Ini berbeda kalo seseorang gak mem-posting foto mereka bareng pacarnya. Ada kemungkinan ada orang lain tergoda untuk mendekati dia atau pasangannya.

Nah, kamu termasuk tim hobi pamer foto bareng pacar atau gak, nih? Apapun pilihannya, harus siap dengan untung-ruginya, ya!
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2892 seconds (0.1#10.140)
pixels