Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian

Selasa, 17 Desember 2019 - 16:41 WIB
Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian
Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian
A A A
Hati memang susah dibikin praktis. Tapi kalo cara menghapus mantan dari ingatan, ada cara antiribet yang bisa dicoba.

Patah hati atau putus cinta biasanya melibatkan adegan menangis berminggu-minggu, lesu, bengong, dan males ngapa-ngapain. Pokoknya pengen-nya mellow melulu.

Kalo hal ini dibiarkan terus-menerus, kondisinya bisa jadi lebih gawat. Mulai dari insomnia, kekebalan tubuh menurun (jadi gampang sakit), depresi, sampai bunuh diri.

Nah, supaya adegan horor ini gak terjadi pada kamu, para peneliti dari University of Missouri di St Louis, Amerika Serikat, yang dipimpin Sandra J.E. Langeslag dan Michelle Sanchez, mencoba melakukan pengembangan dari penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya.

Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian

Foto: medicalxpress.com

Dalam penelitian sebelumnya itu, ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melupakan mantan.

1. Memikirkan keburukan si mantan
Dengan memikirkan segala perlakuan buruk mantan pacar kepada kamu, diharapkan rasa cinta kamu ke dia bisa luntur.

2. Berdamai dengan perasaan
Akui bahwa kamu masih cinta pada mantan kamu, dan itu adalah hal yang normal tanpa mesti takut dihakimi orang lain atau teman-teman kamu.

3. Cari pengalihan
Carilah kesibukan yang bisa bikin kamu lupa mantan, bisa ikut komunitas, cari teman baru, atau ikut kursus buat tambah ilmu.

Nah, Sandra dan Michelle, seperti dikutip dari Psychology Today, mau membuktikan apakah ketiga langkah di atas bisa 1) mengubah perasaan kepada mantan, 2) membuat perasaan lebih positif/negatif, dan 3) mengurangi perhatian ke mantan.

Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian

Foto: more-love.org

Untuk mengujinya, mereka merekrut 24 orang partisipan, terdiri dari 20 cewek dan 4 cowok. Usia mereka antara 20-37 tahun, dan baru putus dari hubungan pacaran selama 2-2,5 tahun.

Dalam penelitian, 24 partisipan dikasih lihat foto mantan mereka dalam kondisi dan ekspresi tertentu. Foto-foto ini adalah foto-foto biasa aja, yang mungkin bisa mereka lihat kalo stalking mantan mereka di medsos.

Partisipan lalu dibagi jadi empat kelompok, yaitu grup pengingat kelakuan buruk mantan, grup berdamai dengan perasaan, grup cari kegiatan pengalihan, dan grup pengontrol.

Jadi, tugas partisipan adalah melihat foto-foto tersebut sebanyak empat kali, dan diminta merespons sesuai pembagian grupnya. Untuk grup pengontrol, mereka tidak diperintahkan untuk melakukan hal yang spesifik saat melihat foto-foto mantannya. Selama proses, aktivitas otak mereka juga dipantau.

Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian

Foto: medicalnewstoday.com

Hasilnya sebagai berikut:

1. Grup pengingat kelakuan buruk merasa bahwa mereka jadi ilfeel dengan mantan mereka, yang artinya rasa cinta mereka ke mantan juga langsung berkurang. Meski begitu, menjalani tahapan ini bikin hati mereka jadi gak nyaman.

2. Grup berdamai dengan perasaan tidak merasakan perubahan apapun, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan.

3. Grup cari pengalihan gak merasa ada perubahan dengan perasaan mereka ke pasangan, tapi hati mereka lebih senang.


Nah, dari hasil ini, para peneliti menyimpulkan bahwa berpikir hal-hal negatif tentang mantan jadi cara paling efektif untuk menghilangkan rasa cinta ke mantan.

Meski saat menjalankan proses ini emosi bisa terkuras banget, tapi untuk jangka panjang, cara ini bisa lebih cepat buat melupakan si mantan.

Patah hati? Ini Cara Praktis Melupakan Mantan Menurut Penelitian

Foto: seda.college

Sementara metode pengalihan dianggap manjur buat yang mau lebih cepat merasa senang setelah putus pacaran.

Sementara itu kalo dari hasil pengamatan aktivitas otak, ketiga cara melupakan mantan pacar tersebut berhasil mengalihkan perhatian para partisipan ke mantan-mantan mereka.

Nah, buat kamu yang baru aja putus cinta, mau nyoba cara yang mana, nih?
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4865 seconds (0.1#10.140)