Supaya Bucin Tidak Stres Ditinggal Pacar

Jum'at, 19 April 2019 - 18:00 WIB
Supaya Bucin Tidak Stres Ditinggal Pacar
Supaya Bucin Tidak Stres Ditinggal Pacar
A A A

Nasib jadi bucin alias budak cinta memang tidak menyenangkan. Supaya enggak jadi stres dan depresi, harus ada langkah penanganannya.

Urusan cinta zaman sekarang memang sudah beda dengan zaman bonyok kita. Beberapa kasus masalah percintaan sampai ada yang membunuh pacarnya karena ketahuan selingkuh, atau pacar yang rela bunuh diri karena cintanya diputuskan. Depresi jadi hal yang makin lazim dalam kisah percintaan milenial.

Kenapa sih ini bisa terjadi? Dikutip Okezone, psikolog Diana Rohayati coba mengupas tuntas fenomena yang sekarang ini banyak dialami para bucin.

Menurutnya, sesuai dengan teori hirarki kebutuhan Maslow, setelah kebutuhan fisiologis dan rasa aman, tiap manusia memiliki kebutuhan kasih sayang yang meliputi mencintai dan dicintai. Kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan berteman, menjalin hubungan dekat, dan pernikahan.

Namun saat kasih sayang yang sudah diberi dengan tulus tidak lagi mendapat balasan kasih sayang dari pasangan, maka ada yang merasa tidak nyaman dan kecewa.

"Kondisi ini dapat membuat korban perselingkuhan merasa tertekan, belum lagi jika turut dipersalahkan menjadi penyebab perselingkuhan karena salah satu pihak kurang bisa menimbulkan kepuasan sehingga pasangan mencari dari pria atau perempuan lain. Keadaan tertekan spt itu menyebabkan terjadinya stres," tegas Diana.

Stres yang dirasakan tersebut dapat menjadi semakin parah atau tidak, bergantung pada usaha individu menghadapi sumber stres. Nah, agar stres tidak berkepanjangan dan menjadi depresi, ini saran psikolog Diana ketika menghadapi perselingkuhan.

1. Sadari dan Terima Masalah
Dengan menyadari dan tidak mengelak atau menolak masalah, solusi selanjutnya akan lebih mudah ditemukan agar stres yang ada tidak berkepanjangan.

2. Tenanglah
Tenangkan diri dengan beribadah, meditasi, relaksasi, mengungkapkan perasaan dengan bercerita pada orang tua atau teman yang tepat, atau pun melakukan hobi seperti traveling, menulis, melukis, dan olahraga, agar tidak terbawa dan berlarut-larut dalam emosi negatif. Jadi bisa memikirkan solusi selanjutnya serta dapat mengambil keputusan yang tepat atas perselingkuhan yang terjadi.

3. Cari Dukungan dan kekuatan dari teman-teman
Pertemanan yang terjalin dan masukan-masukan yang didapat dari lingkungan bisa memberi kekuatan untuk bangkit dan lepas dari stres negatif.

4. Maafkan dan Jangan Dendam
Memang sulit memaafkan pacar yang selingkuh. Tapi dengan memaafkan, sesungguhnya telah menolong diri sendiri dengan melepaskan emosi-emosi negatif yang berperan pada stres yang negatif. Pemaafan dilakukan dengan pemahaman atas perilaku para pelaku, serta empati terhadap orang-orang yang mereka sakiti.

5. Mengikuti konseling
Jika dirasa diri tidak mampu melakukan coping, maka baiknya mengikuti konseling dengan psikolog yang akan membantu menurunkan atau bahkan melepaskan stres negatif yang ada.
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3029 seconds (0.1#10.140)